Denpasar (ANTARA Kalbar) - Maestro seni lukis asal Bali I Nyoman Gunarsa mengaku pernah melukis secara langsung wajah lima dari enam Presiden Indonesia dalam rentang waktu yang berbeda.

"Hanya Presiden Soekarno yang tidak pernah saya lukis secara langsung," katanya setelah melukis wajah Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan sejumlah pejabat Pemprov Bali dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-34 di Taman Budaya, Denpasar, Sabtu.

Kelima Presiden yang pernah dilukis oleh Gunarsa adalah Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Melukis presiden secara langsung itu, ada yang dilakukan di Jakarta atau pada saat kepala negara melakukan kunjungan ke Bali," kata mantan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu.

Selain itu, dia juga pernah melukis sejumlah kepala negara di dunia, di antaranya Presiden Amerika Serikat Ronald Reagen pada saat berkunjung ke Bali pada 1986.

"Karya lukis kepala negara itu umumnya diserahkan langsung kepada yang bersangkutan," ujar Gunarsa yang sukses menggelar pameran lukisan ke berbagai negara di belahan dunia itu.

Melukis wajah tokoh termasuk para menteri, raja-raja di Nusantara merupakan bagian dalam kehidupannya dalam menggeluti aktivitas seni.

Dalam melukis wajah para pemimpin dan tokoh-tokoh tersebut dia mengaku mendapatkan inspirasi tersendiri.

(I006)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012