London (ANTARA Kalbar/BBC) - Aktris Inggris Kate Winslet mendapat anugerah Ratu Inggris Elizabeth II atas sumbangan besarnya di dunia seni.

Peraih Piala Oscar pada 2009 atas perannya di film "The Reader" ini mendapat gelar CBE atau Commander of the Order of the British Empire, hari Sabtu (16/6).

Winslet, yang melambung namanya setelah memerankan Rose di film "Titanic" pada 1997 mengatakan bangga dengan gelar dari kerajaan tersebut.

"Saya merasa terkejut tapi juga sangat senang karena nama saya disejajarkan dengan tokoh-tokoh yang memberi sumbangan besar kepada Inggris," kata Winslet, bintang berusia 36 itu.

Aktor dan sutradara Kenneth Branagh mendapatkan gelar Sir, yang merupakan gelar tertinggi.

Sir Kenneth, demikian sekarang ia dipanggil, dikenal banyak memfilmkan karya-karya Shakespeare seperti "Henry V" dan "Hamlet".

Gelar kerajaan diberikan dua kali setahun oleh Ratu Elizabeth, pada tahun baru dan Juni, bulan ulang tahun resmi ratu, namun mereka yang mendapat gelar dipilih oleh satu tim khusus setelah melewati proses yang dilakukan pemerintah dan masyarakat.

Selain selebritis, banyak warga biasa yang juga mendapat anugerah dari kerajaan.

Musisi Gary Barlow juga mendapat gelar dari ratu, Officer of the Order of the British Empire atau OBE, atas jasa-jasanya di bidang musik dan kerja kemanusiaan.

Anggota Take That ini ikut berperan besar menggelar konser khusus bulan ini, dalam rangkaian perayaan 60 tahun tahta Ratu Elizabeth, yang antara lain menampilkan Paul McCartney, Stevie Wonder, dan Elton John.

(bbc)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012