Tenggarong (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan menggelar Kirab Budaya pada Jumat pukul 14.00 Wita sebagai rangkaian awal pelaksanaan pesta adat, seni dan budaya Erau Kutai Kartanegara, 1-8 Juli 2012.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kutai Kartanegara Sri Wahyuni yang dihubungi Jumat pagi menjelaskan bahwa Kirab Budaya itu akan diikuti lebih kurang 30-an paguyuban dan grup kesenian dari beberapa kecamatan di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kirab akan berlangsung dari depan Sekretariat Gerbang Raja Jl KH Akhmad Mukhsin Tenggarong, hingga melintasi panggung kehormatan di depan Planetraium Jagad Raya.

Dikatakannya, masing-masing peserta kirab budaya diberikan kesempatan untuk menampilkan atraksi di depan panggung kehormatan lebih kurang 3-5 menit, untuk menunjukkan kebolehan mereka.

"Melalui pelaksanaan kirab budaya ini selain dalam rangka menyemarakkan Erau, juga agar kehidupan di Kukar yang terdiri dari berbagai macam suku tetap harmonis," ujarnya.

Berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara, kegiatan pesta adat, seni dan budaya "Festival Erau 2012", 1-8 Juli, akan dipusatkan di 11 lokasi di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Ke-11 lokasi yang akan menjadi pusat kegiatan Festival Erau adalah Museum Mulawarman atau disebut juga keraton seperti biasa sebagai wadah melaksanakan berbagai upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Kemudian di Kedaton Kesultanan Kutai dipakai untuk seminar budaya dan Welcome Party, sedangkan pembukaan, Erau Expo, pasar rakyat dan panggung hiburan akan digelar di Stadion Rondong Demang.

Untuk panggung seni ditempatkan persis di tepi Sungai Mahakam tepatnya di depan Sekretariat Gerbang Raja Jl KH Akhmad Mukhsin. Arena permainan seru berbagai olahraga tradisional juga ditempatkan di tepi Mahakam Jl KH Akhmad Mukhsin, tepatnya di depan Bank Syariah Mandiri.

Selanjutnya untuk lokasi makan bersama menurut adat Kutai atau disebut Beseprah digelar di sepanjang jalan antara Jembatan Bongkok sampai Gunung Pedidik.

Sementara dermaga di depan DPRD Kukar akan dijadikan lokasi jamuan makan siang serta start dan panggung kehormatan lomba perahu naga dan balap perahu ketinting (perahu bermotor). Untuk dermaga di depan museum Mulawarman akan dijadikan lokasi kuliner terapung.

Di halaman Planetarium Jagad Raya akan digelar lomba masak serba ikan, serta di sepanjang jalan mulai depan Sekretariat Gerbang Raja hingga Planetaruim Jagad Raya akan digunakan untuk kirab budaya.

Sedangkan acara Lomba menembak akan digelar di sekitar gedung kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman.

(KR-ADI)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012