Pontianak (ANTARA Kalbar) - Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Firdaus Zar`in menyatakan, ada sembilan cabang olahraga andalan yang siap menyumbang emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 di Riau.

"sembilan cabang olahraga tersebut, yakni aeromodeling, anggar, angkat berat/besi, atletik, balap motor, bilyard, tarung derajat, tinju dan wushu," kata Firdaus Zar`in di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan, semua persiapan sudah dilakukan sejak Januari hingga saat ini.

"Para atlet yang tergabung dalam sembilan cabang olahraga andalan itu sudah mengikuti pemusatan latihan sejak Januari hingga menjelang penyelenggaraan PON Riau," ujarnya.

Menurut Firdaus, selain mengirim andalan, KONI Kalbar juga akan mengirim delapan cabang olahraga harapan, diantaranya balap sepeda, dayung, gulat, karate, panahan, panjat tebing, taekwondo, dan terjun payung.

Sementara itu, KONI Kalbar juga akan mengirim sebanyak 10 cabang olahraga partisipan, yakni basket, catur, kempo, pencak silat, renang, selam, sepak takraw, tenis lapangan, tenis meja, voli dan judo, kata Firdaus.

"Kami menargetkan meraih delapan hingga sepuluh medali emas dari cabang olahraga andalan tersebut, dan tidak menutup kemungkinan juga disumbangkan oleh harapan dan partisipan meskipun kecil kemungkinannya, tetapi bisa saja terjadi," ujarnya.

Data KONI Kalbar ada sekitar 181 atlet yang akan dikirim pada PON 2012 Riau, atau mengalami penambahan sekitar 81 atlet dibanding jumlah atlet yang kirim pada PON 2008 di Kaltim sekitar 100 atlet.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Kalbar Syarif Mahmud Alkadrie berharap, semua elemen masyarakat dan pemerintah daerah memberikan dukungan sepenuhnya bagi para atlet yang akan dikirim pada PON 2012 Riau agar bisa mempersembahkan yang terbaik buat daerahnya.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012