Jakarta (ANTARA Kalbar) - Para gubernur seluruh Indonesia berkomitmen untuk mempercepat penyusunan peraturan daerah tentang lahan pertanian berkelanjutan guna menahan laju konversi lahan pertanian di daerah masing-masing.

Komitmen itu dinyatakan kepada Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Achmad Suryana di sela-sela Konferensi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, dalam ajang koordinasi dua tahunan DKP Pusat dan DKP provinsi ini dibahas pula soal lahan yang tingkat konversinya makin tinggi.

"Memang salah satu kendala untuk meningkatkan produksi adalah konversi lahan yang makin tinggi, tidak terkendali. Dengan menyadari itu, dalam rapat DKP, para gubernur pun membahas mengenai lahan dan berkomitmen untuk menahan laju konversi lahan pertanian," katanya dalam acara yang juga dihadiri Wakil Presiden Budiono itu serta para gubernur, bupati, dan wali kota seluruh Indonesia.

Menurut Achmad, salah satu butir kesepakatan rapat tersebut adalah para gubernur akan berusaha untuk mengendalikan secara ketat konversi lahan itu.

Selanjutnya, tambahnya, para gubernur akan mempercepat proses penyusunan perda soal lahan pertanian berkelanjutan.

(S025)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012