Jakarta (ANTARA Kalbar) - Aktivis lingkungan World Wildlife Fund for Nature (WWF) prihatin dan menyayangkan matinya orangutan yang terbakar di Kalimantan Barat setelah sebelumnya kondisi hewan dilindungi tersebut sempat membaik.

"WWF prihatin dan tentunya menyayangkan, semestinya itu tidak perlu terjadi," kata Koordinator Konservasi WWF-Indonesia, Chaerul Saleh di Jakarta, Kamis.

Chaerul mengatakan, tadinya orangutan jantan yang berusia sekitar 16-17 tahun itu diharapkan segera sembuh setelah dipindah ke fasilitas Pusat Rehabilitasi dan Konservasi Internasional Rescue, Kabupaten Ketapang.

Kronologis kejadian terbakarnya orangutan tersebut berawal dari usaha masyarakat untuk mengusir orangutan yang memasuki perkebunan mereka pada hari Minggu (26/8) di Kampung Parit Wadongkak, Desa Wajok Hilir, Pontianak, Kalimantan Barat.

Berbagai upaya sudah dilakukan termasuk melaporkan ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) setempat yang berusaha membius orangutan untuk dievakuasi tapi tidak berhasil.

Masyarakat berinisiatif untuk mengasapi dengan menggunakan api, tapi malah pohon kelapa ikut terbakar dan turut membakar orangutan tersebut.

(D011)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012