Jakarta (ANTARA Kalbar) - Menteri BUMN Dahlan Iskan, Minggu pagi, menggelar sepeda santai yang diikuti sekitar 3.200 orang.

Dengan thema "Funbike Indonesia Pintar, Ayo Bersepeda bersama Menteri BUMN", Dahlan memulai bersepeda dari Kantor Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, menyusuri Thamrin, Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia, dan kembali kantornya.

Ada hal yang menarik dari acara gowes bersama tersebut, yaitu Dahlan sama sekali tidak didampingi oleh pejabat Kementerian BUMN maupun direksi perusahaan milik negara.

"Tidak ada protokoler. Tidak ada kata-kata sambutan," semua berlangsung santai. Bapak membaur dengan peserta yang ikut bersepeda santai," kata Abdul Aziz, staf khusus Dahlan Iskan.

Di sepanjang rute yang dilaluinya, Dahlan seakan menjadi primadona. Selain sebagai pembuka jalan bagi peserta sepeda santai, mantan Direktur Utama PT PLN ini juga menjadi perhatian masyarakat yang sedang berolah raga di sekitar jalan Thamrin dan Bundaran Hotel Indonesia.

Saat finish di bagian belakang Kantor Kementerian BUMN, Dahlan pun menjadi sasaran peserta. Sebagian besar berupaya untuk bersalaman, sebagian lagi meminta untuk foto bersama.

"Ayo semua ikut, foto-foto," ujarnya sambil sekali-kali menyeka keringatnya.

Selanjutnya Dahlan langsung melihat lomba lukis dan mewarnai anak yang berada di bagian lobi gedung yang diikuti sekitar 50 orang anak.

Suami dari Ny Nafsiah Sabri ini duduk bersila, berdialog singkat dan menanyakan nama, serta usia beberapa anak.

Dengan suara yang dibuat lucu, Dahlan mengatakan, "Saya juga umurnya tiga tahun. Saya juga masih ngedot".

Polah tersebut akhirnya mengundang gelak tawa anak-anak tersebut.

Sesaat kemudian pria kelahiran Magetan, 17 Agustus 1951 ini bergegas menuju lantai 19 Kantor Kementerian BUMN, untuk mandi.

Kurang dari 15 menit, Dahlan tampak sudah rapi. Dengan membawa bekal berupa kudapan, dan beberapa koran di meja kerjanya, Dahlan bersiap berangkat menuju Gedung ESQ di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Ketika ditanya soal sepeda santai pada hari itu, Dahlan mengaku senang.

"Senang, apalagi saya dipinjami sepeda oleh seseorang. Sepeda yang saya gunakan tadi sudah pernah dipakai mengelilingi sejumlah negara Eropa. Sepeda yang bagus, ringan. Ya enaklah pokoknya," kata Dahlan.

Sedangkan tidak adanya petinggi Kementerian dan BUMN yang mendampinginya, Dahlan mengatakan "Tidak harus ada pejabat lah. Namanya juga santai. Ya, harus bikin sesantai mungkin. Begitu kan," ujar Dahlan.

(R017)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012