Multivitamin Bisa Tekan Risiko Kanker

Sabtu, 20 Oktober 2012 8:42 WIB

Jakarta (ANTARA Kalbar) - Asosiasi medis Amerika mendapati fakta bahwa mengonsumsi multivitamin setiap hari akan bisa mengurangi risiko kanker pada pria.

Penelitian itu dilakukan terhadap 15 ribu laki-laki dengan usia di atas 50 tahun, selama lebih dari sepuluh tahun. Menurut laman BBC, hasilnya terjadi pengurangan kasus kanker pada laki-laki peminum multivitamin.

Hanya saja, ada beberapa ahli yang mengingatkan efek sebaliknya dari multivitamin. Mereka justru lebih menyarankan mengonsumsi buah dan sayuran sebagai panganan yang aman.

Sementara Helga Groll, petugas kesehatan di pusat penelitian kanker Inggris, mempunyai pendapat lain. Dia tidak ingin terbawa isu apakah multivitamin bisa mengurangi risiko kanker atau tidak.

Helga justru menyarankan orang-orang untuk menjalani gaya hidup sehat sedari dini. Menurut dia, diet seimbang dan bergaya hidup sehat adalah kunci untuk mengurangi risiko kanker.

"Kebanyakan orang sehat seharusnya tidak perlu mengonsumsi suplemen, meski memang ada beberapa yang dianjurkan oleh dokter," kata dia.

(lod)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012

Terkait
Terpopuler