Sungai Raya, Kalbar (ANTARA Kalbar) - Sebanyak 445 jamaah haji asal Kalimantan Barat yang tergabung dalam kelompok terbang pertama tiba di Bandara Supadio Pontianak, Sabtu sekitar pukul 10.00 WIB.

Kedatangan jamaah haji tersebut disambut oleh keluarga dan perwakilan Pemerintah Kalbar serta Kota Pontianak dan Kabupaten Pontianak.

"Jumlah jamaah haji saat berangkat berjumlah 447 orang, terdiri atas 154 dari Kab Pontianak dan 287 jamaah dari Kota Pontianank. Sementara yang kembali sebanyak 445 orang, wafat satu orang, satu orang sakit dan dirawat di Madinah atas nama Hapiah Supidin karena gagal jantung," kata Kabag Agama Biro Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi Kalbar, Oedang Prasetyo.

Dia menjelaskan, sesampainya di Bandara Supadio Pontianak, rombongan jamaah haji yang tergabung dalam kloter pertama tersebut kemudian dibawa menggunakan bis Damri untuk selanjutnya menuju ke asrama haji di Kota Pontianak.

"Jamaah haji ini nantinya akan dibawa dulu ke asrama haji, sebelum dijemput oleh keluarganya masing-masing. Alhamdulillah, dalam kepulangan jamaah haji kita dari tanah suci menuju ke Batam dan Pontianak, tidak ada masalah, semuanya berjalan lancar," tuturnya.

Oedang mengatakan, untuk hari ini, ada ada dua kloter jamaah haji yang dipulangkan ke Pontianak. Kloter pertama tiba pada pukul 10.00 pagi tadi, sementara untuk kloter kedua dijadwalkan akan tiba di Pontianak pada pukul 14.45.

Dia menjelaskan, kouta haji Kalbar tahun 2012/1433 Hijriyah yang berangkat sebanyak berjumlah 2.315 orang, sedangkan calon jamaah haji yang tidak melunasi 13 orang dan sebanyak 12 orang dinyatakan batal berangkat setelah pelunasan.

"Dari 2.315, jamaah haji pria berjumlah 1.122 orang atau 48,23 persen, sedangkan jamaah haji perempuan berjumlah 1.204 atau 51,76 persen. Jamaah yang pernah haji ada 41 orang atau 1,76 persen dan belum pernah haji 2.285 atau 98,23 persen," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Terbang (Keloter) 17 Husnul Azmi mengatakan, untuk jamaah yang sakit, belum dipastikan akan dimutasikan atau Tanazzul ke keloter berapa. Pada saat ini yang bersangkutan masih dirawat intensif.

Bagi jamaah yang telah tiba hari ini, agar dapat mendoakan agar Hapiah Supidin lekas sembuh dan dapat kembali ke tanah air.

"Semoga kita usai melakukan Rukun Islam yang kelima mampu menjaga kemabruran haji sampai ke kampung halaman," kata Huznul.

Keloter 17 merupakan gelombang ke II yang tiba di tanah air melalui Debarkasi Batam. Jamaah pertama pada gelombang kedua merupakan jamaah haji pertama yang tiba asal Provinsi Kalimantan Barat. ***3***

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012