Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Kota Pontianak dan sekitarnya akan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat menyebabkan volume air semakin tinggi selama sepekan ke depan, sehingga kondisi pasang air laut akan terjadi hingga akhir Desember.

"Untuk intensitas hujan di Kota Pontianak dan sekitarnya tidak terlalu tinggi, dimana curah hujan akan terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang. Namun, karena adanya pasang air laut mengakibatkan beberapa daerah di Pontianak menjadi terendam banjir," kata Prakiran Awan BMKG Supadio Pontianak, Desnian di Sungai Raya, Minggu.

Menurutnya, banjir yang mulai menggenangi beberapa wilayah Pontianak dan sekitarnya lebih dikarenakan pasang air laut, bukan karena hujan yang terus mengguyur dalam beberapa pekan terakhir ini.

"Karena intensitas hujannya ringan hingga sedang tidak mungkin menyebabkan banjir. Namun seperti yang kita ketahui, setiap bulan Desember hingga Januari, pasang air laut akan terjadi dan itu yang menyebabkan beberapa ruas jalan di kota Pontianak menjadi tergenang," tuturnya.

Dari pantauan di lapangan, sejumlah jalan utama di Ibu Kota Provinsi Kalbar saat ini tergenang air. Yakni jalan Ahmad Yani, Tanjungpura, Imam Bonjol, Adi Sucipto, Sungai Raya Dalam, Gajah Mada, Veteran, Hijas. Tak ayal, sejumlah kendaraan roda dua maupun roda empat memperlambat laju kendaraannya.

Selain menggenangi sejumlah ruas jalan utama di Pontianak, banjir rob ini juga masuk ke pemukiman warga setempat. Meski beberapa ruas jalan tergenang banjir, namun sampai saat ini belum mengakibatkan jalur transportasi menjadi lumpuh.

"Meski demikian, kita mengimbau masyarakat tetap waspada, karena ketinggian air sewaktu-waktu bisa saja meluap dengan cepat. Dalam hal ini, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti membersihkan saluran parit-parit yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalnya agar air bisa mengalir dengan lancar," kata Desnian.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012