Iran Akan Buat Film Untuk Tandingi 'Film Argo'

Kamis, 17 Januari 2013 8:59 WIB

Teheran (ANTARA Kalbar) - Iran berencana membuat film versinya sendiri terkait drama penyanderaan diplomat AS saat Revolusi Islam 1979 untuk menandingi film "Argo" yang dinilai "menyimpang", kata media setempat.

"Argo" disutradarai oleh aktor Ben Affleck dan film tersebut berhasil menyabet penghargaan Golde Globe.

Aktor dan sutradara Iran, Ataollah Salmanian, mengatakan naskah untuk film versi Iran tersebut telah selesai

"Naskah cerita, staf jenderal (Setad Moshtarak) telah disetujui oleh pusat kebudayaan Iran dan sedang menunggu anggaran untuk memulai pengambilan gambar," kata Salmanian, seperti yang dikutip dari AFP.

"Film tersebut mengisahkan tentang 20 sandera Amerika yang diserahkan kepada Kedubes AS oleh Tentara Revolusioner Iran saat dimulainya revolusi Islam... Film ini akan menjadi jawaban yang sesuai untuk film yang "menyimpang" seperti Argo," katanya.

Pada 4 November 1979, mahasiswa Iran menyerang Kedubes AS di Teheran dan menyandera diplomat AS selama 444 hari. Aksi itu kemudian menyebabkan putusnya hubungan diplomatik antara Washington dan Teheran.

"Argo" mengisahkan drama penyanderaan itu, dengan aktor-sutradara Hollywood Ben Affleck memerankan seorang agen CIA yang menyelamatkan enam diplomat AS dari kediaman Duta Besar Kanada di Teheran.

Film tersebut dituduh bertentangan dengan sejarah, yang secara eksplisit meninggikan peran CIA dalam menyelamatkan diplomat AS, tanpa melihat pentingnya peran utusan Kanada di Teheran pada kala itu.

Dalam ajang penghargaan bergengsi kedua setelah Oscar, Golden Globes, yang digelar pada Minggu malam, Affleck memenangkan dua penghargaan paling bergengsi yakni Film Drama Terbaik dan Sutradara Terbaik untuk "Argo",  yang mengungguli "Lincoln".

(P012/H-AK)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013

Terkait
Terpopuler