Jakarta (ANTARA Kalbar) - Mozilla mengumumkan rincian tentang telepon selular (ponsel) pintar pertama yang menggunakan sistem operasi Firefox dengan meluncurkan dua contoh ponsel.

Platform didasarkan pada bahasa program web HTML5 dan ditawarkan kepada pengembang piranti lunak sebagai alternatif yang menawarkan "kebebasan" lebih besar.

Dua telepon genggam baru diberi nama Keon dan Peak.

Keon adalah model sederhana yang dilengkapi dengan layar 8,9 sentimeter, kamera 3 megapixel dan prosesor Snapdragon S1 dari Qualcomm.

Model kedua, Peak, mempunyai layar lebih lebar dan dilengkapi dengan kamera 8 megapixel dan prosesor lebih cepat, Snapdragon S4.

Dua contoh ponsel tersebut dibuat oleh pabrik kecil yang berkantor di Spanyol, GeeksPhone.

Yayasan Mozilla mengatakan produk itu diharapkan akan menjadi bagian dari serangkaian telepon pintar murah yang dapat dijual di seluruh dunia.

"Kalau Anda adalah pengembang yang tertarik dengan teknologi web dan telepon, kini tiba waktunya untuk mencoba Firefox OS," kata seorang pejabat Mozilla, Stormy Peters.

Namun upaya Mozilla menghadapi saingan dari sistem-sistem lain yang dijadwalkan akan segera diluncurkan.

Blackberry 10, Ubuntu, Tizen dan Sailfish direncanakan akan diluncurkan untuk aplikasi telepon pintar sebelum akhir tahun 2013, sekaligus memperebutkan pasar yang antara lain telah dipegang oleh Android, iOS, Windows Phone, Blackberry 7 dan Symbian.

(BBC)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013