Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Supadio Pontianak memprediksi cuaca panas yang terjadi di sebagian wilayah Kalimantan Barat, dan sekitarnya akan terus berlangsung hingga dua hari ke depan.

"Sejak satu pekan terakhir, suhu udara di sebagai wilayah Kalbar mencapai 33 derajat celsius. Memang panasnya cukup terasa, namun itu masih dalam batas normal," kata Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Supriandi di Sungai Raya, Minggu.

Supriandi menyatakan, kemungkinan besar pada hari Rabu (30/1) nanti, hujan sudah turun di beberapa wilayah Kalbar, khususnya bagian Selatan, Timur dan Tengah.

Diperkirakan, wilayah tersebut akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, akan terjadi antara siang menjelang sore di wilayah tersebut, katanya.

"Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi di daerah Sambas, Ketapang, Kapuas Hulu, Kabupaten Kayong Utara, Bengkayang, Kota Pontianak, Mempawah, dan Kubu Raya. Sementara untuk daerah lainnya berawan," ungkapnya.

Supriandi mengatakan, dari pantauan BMKG, saat ini sudah terlihat banyak tumbuh awan hujan di daerah Kalbar bagian Selatan, Timur dan Tengah. Hal tersebut menandakan dalam waktu dekat akan turun hujan di daerah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Supriandi menambahkan, meski dalam satu pekan terakhir terjadi cuaca panas, namun pihaknya belum melihat adanya titik api di Kalbar.

"Terakhir titik api yang terpantau pada tanggal 17 Januari lalu. Jumlahnya mencapai 46 titik yang tersebar di beberapa wilayah di Kalbar," kata Supriandi.

(A057)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013