Pontianak (Antara Kalbar) - Panitia Borneo Writers Gathering (BWG) akan mempublikasi tulisan jurnalisme kampung melalui blog, dengan mengorganisir para blogger yang tinggal di perbatasan Kalimantan Barat (Indonesia)-Sarawak, Malaysia.

"Kegitan itu digelar oleh Border Blogger Movement (BBM) dan Yayasan Pantau Jakarta, yang akan digelar di Pontianak, Minggu (10/2)," kata Ketua Panitia BWG, Yanuarius Viodeogo Seno dalam keterangan tertulisnya di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan, berbagai acara akan digelar oleh BBM, diantaranya peluncuran dan bedah buku, pertunjukan sastra, serta sosialisasi hasil penelitian mengenai persepsi wartawan terhadap Islam.

Tim BBM, kata Viodeogo juga akan meluncurkan buku berjudul "Suara dari Batas Negara" yang berisi 10 tulisan dan foto-foto yang merupakan karya para blogger perbatasan Kalbar-Sarawak.

Yayasan Pantau akan bedah buku berjudul "Blur" karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel yang mereka terjemahkan, sekaligus sosialisasi hasil penelitian mereka tentang persepsi wartawan Indonesia tentang Islam.

"Pembicara dari Yayasan Pantau yang akan hadir, Imam Sofwan, pembicara lainnya seorang redaktur senior Harian The Jakarta Post, Endy Bayuni," kata Viodeogo.

Bill Kovach merupakan penulis buku terkenal "9 Elemen Jurnalistik" dan sering dijuluki Nabi Jurnalisme Amerika Serikat. Tak hanya wartawan dan blogger lokal yang direncanakan hadir dalam BWG, tetapi juga ada 10 blogger Malaysia akan turut serta, katanya.

Satu di antara penggagas BWG, Asriyadi Alexander mengatakan, kegiatan tersebut akan dirangkai dengan pertunjukan sastra, para peserta dari Malaysia tergabung dalam Persatuan Penulis Utara Sarawak (PUTERA).

"Ini acara semi formal, antara para wartawan, blogger dan juga sastrawan Borneo, khususnya yang berasal dari West Borneo, Miri, Kuching, Sarawak Malaysia, selain diskusi-diskusi juga ada malam sastra antarbangsa," ujar Asriyadi yang juga Manajer BBM.

Menurut dia, selain pembicara dari Jakarta, akan tampil pemakalah sastra dari Sarawak serta pembacaan dan musikalisasi puisi dari Mata Borneo maupun Sarawak, sebagai puncaknya diluncurkan buku "Suara dari Batas Negara" karya para blogger perbatasan, sekaligus pengumuman pemenang sayembara blogger terkait program BBM.

(A057)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013