Bujumbura (Antara Kalbar/Xinhua-OANA) - Dana Anak PBB (UNICEF) telah setuju untuk mendukung penelitian di Universitas Burundi guna meningkatkan kesejahteraan anak-anak, kata rektor universitas itu, Kamis (14/2).

Rektor Universitas Burundi Gaston Hakiza dan Wakil UNICEF di Burundi Johannes Wedenig secara bersama menandatangani kesepakatan kerja sama tersebut pada Kamis.

Setelah penandatanganan kesepakatan itu, Hakiza mengatakan dukungan UNICEF akan membantu universitas tersebut mengembangkan penelitian dan proyek belajar-mengajar yang berkaitan dengan perlindungan anak-anak.

"Kesepakatan ini dicapai untuk mendukung Universitas Burundi meningkatkan penelitian guna mendorong dan menyebarkan pengetahuan serta ketrampilan mengenai masalah yang dihadapi anak-anak, remaja dan pemuda di Burundi," kata Hakiza sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi.

Menurut Hakiza, kerja sama itu terutama akan dipusatkan pada dukungan bagi beberapa fakultas di universitas tersebut.

Fakultas itu meliputi Fakultas Pertanian guna menjamin keamanan pangan bagi rakyat Burundi pada umumnya dan anak-anak khususnya dan Fakultas Kedokteran, tempat para dokter akan dilatih guna meningkatkan kesehatan anak-anak.

Wakil UNICEF untuk Burundi mengatakan mandat UNICEF ialah untuk membangun kemampuan yang berkesinambungan guna mendorong kesejahteraan anak-anak.

"UNICEF siap membantu Universitas Burundi untuk memperluas kegiatannya dan pengaruhnya dalam perspektif saling menguntungkan," kata Wedenig.

(C003)
 

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013