Paris (Antara AKlbar) - Juara Eropa lima kali Liverpool tersingkir dari Liga Europa pada Kamis (Jumat WIB) akibat kalah selisih gol tandang dari klub Rusia Zenit Saint Petersburg, meski mereka menang 3-1 di Anfield.

Kemasukan dua gol pada pertandingan pertama, Liverpool terlihat semakin terpuruk setelah bek veteran Jamie Carragher keliru saat berusaha melakukan operan ke belakang dan pemain Brazil Hulk mencetak gol pembuka untuk membuat tim tamu unggul agregat 3-0.

Namun Liverpool bangkit dengan dua gol dari Luis Suarez dan Joe Allen mencetak satu gol di antaranya, namun gol tambahan tidak tercetak sehingga Zenit sukses menembus babak 16 besar.

Pelatih Liverpool Brendan Rodgers berkata, "Kami mungkin kalah pada pertempuran malam ini, namun perihal perang dan melaju kami telah memenangi banyak hal."

Juara Eropa yang digulingkan Chelsea melaju berkat kemenangan 1-0 pada pertandingan pertama, di mana pada laga kedua gol penyama kedudukan Eden Hazard membatalkan gol pembuka David Lafata.

Kapten Chelsea John Terry berkata, "Kami gembira dapat melaju, ini bukan penampilan terbaik kami, namun kami lolos dan itulah yang penting."

Selain kegagalan Liverpool, ini merupakan malam penuh kesukesan bagi wakil-wakil Inggris, di mana gol Mousa Dembele mengamankan tiket babak 16 besar untuk Tottenham, yang mengamankan kemenangan agregat 3-2 atas tuan rumah prancis Lyon setelah bermain imbang 1-1.

Spurs, yang sekarang akan menghadapi Inter Milan, memenangi pertandingan pertama dengan skor 2-1 namun mereka tertinggal lebih dulu di pertandingan kedua melalui gol Maxime Gonalons yang dicetak pada menit ke-17 sebelum Dembele menyelamat tim London itu dari jalan yang dilalui Liverpool.

Newcastle berterima kasih pada gol ketiga Shola Ameobi di kancah Eropa musim ini, tendangan penalti, untuk kemenangan 1-0 atas tuan rumah Metalist Kharkiv, wakil Ukraina yang menahan imbang tanpa gol The Magpies di Tyneside pada pekan lalu.

Newcastle berada di bawah ancaman pada pertandingan ini dan kiper Belanda Tim Krul melakukan beberapa penyelamatan bagus, sebelum Ameobi mencetak gol pada menit ke-64 setelah kiper Olexandr Goryainov melanggar Moussa Sissoko.

Tim Inggris itu akan berhadapan dengan klub Rusia Anzhi Makhachkala untuk memperebutkan satu tempat di perempat final.

Terdapat masalah yang membayangi Tottenham di mana tujuh orang pada Rabu malam mengalami cedera ringan ketika para pendukung tim tamu diserang oleh 50 pria bertopeng, yang menyerbu bar di Lyon dan melemparkan kursi-kursi dan batu, demikian disampaikan ofisial setempat.

Sementara itu, Rubin Kazan asal Rusia menang agregat 2-1 atas juara bertahan Atletico Madrid meski Falcao memberikan kemenangan pada klub Spanyol itu dengan mencetak satu-satunya gol pada malam ini.

Inter, juara Eropa 2010, melaju setelah menang 3-0 atas CFR Cluj asal Rumania yang mengakhiri laga dengan sepuluh pemain, setelah Mario Camora mendapat kartu merah. Inter sendiri menang agregat 5-0.

Bintang Kolumbia Fredy Guarin mencetak dua gol untuk Inter, sedangkan Marco Benassi menambahi gol ketiga.

Klub Jerman Stuttgart menang 2-0 di markas tim Belgia Genk sehingga unggul agregat 3-1, di mana Arthur Boka dan Christian gentner mencetak gol untuk klub Liga Jerman tersebut.

Lazio asal Italia mengalahkan rival Jermannya Borussia Moenchengladbach 2-0 melalui gol-gol yang dicetak Antonio Andreva dan Alvaro Gonzalez pada babak pertama, sehinga tim asal Roma itu menang agregat 5-3, demikian AFP.


(Ant News/H-RF/A008)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013