Jakarta (Antara Kalbar) - Kementerian Sosial membentuk Kabupaten Sejahtera untuk  mengentaskan masalah anak jalanan di lima wilayah kabupaten/kota yang akan dijadikan sebagai percontohan.

"Saya tidak bisa sebutkan di mana saja wilayahnya. Nanti saja saat 'launching' bulan Maret, bisa saja wilayah Sulawesi, Kalimantan, di Jawa atau tempat lainnya. Yang jelas daerah harus siap untuk dijadikan Kabupaten Sejahtera," kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan Mensos usai berdialog dengan anak jalanan dan orang tua mereka di Lapangan Tanah Merah Pedongkelan Jakarta Timur.

Kabupaten Sejahtera dimaksudkan untuk menuntaskan berbagai masalah sosial seperti kemiskinan, lansia terlantar, pengangguran, penyandang disabilitas dan salah satunya mengentaskan anak-anak jalanan.

Menurut Mensos jalanan bukan tempat yang layak untuk anak, itu sebabnya Kabupaten Sejahtera harus menjadi wilayah atau daerah yang ramah dengan anak-anak.

Untuk itu, pemerintah daerah harus mempersiapkan sehingga tidak seluruhnya permasalahan sosial ditangani pemerintah pusat. Tanpa kesiapan daerah, menurut dia maka tidak mungkin bisa dibentuk Kabupaten Sejahtera.

Dikatakan Mensos, selama ini sebagian besar permasalahan sosial di daerah diserahkan kepada pemerintah pusat, sedangkan anggaran di Kementerian Sosial sangat terbatas.

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013