Sungai Raya (Antara Kalbar) - Sebanyak 400 mahasiswa/mahasiswi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes) dari Kota Pontianak melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kubu Raya.

"Pada intinya, kita sangat menyambut baik agenda ini dan berterima kasih kepada pihak Poltekkes yang telah memilih Kubu Raya sebagai daerah pelaksanaan KKN tahun 2013," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Senin.

Bupati Muda menilai momen tersebut adalah sangat besar manfaatnya bagi Kubu Raya dimana kabupaten yang dipimpinnya selama ini berupaya untuk selalu konsisten terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Mulai dari peningkatan pelayanan Posyandu, Poskesdes, Postu dan Puskesmas sebagai sarana untuk melakukan promosi kesehatan dengan baik kepada masyarakat.

Muda meminta para mahasiswa yang melakukan KKN tersebut nantinya dapat bersinergi dengan program Pemerintah Kubu Raya khususnya di bidang kesehatan. Terlebih Pemerintah Kubu Raya telah membuat terobosan kebijakan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Menurutnya, hal tersebut membutuhkan sosialisasi kepada masyarakat, dan dia meminta agar para mahasiswa nanti di lapangan dapat membantu pemerintah menyampaikan pesan penting tersebut kepada masyarakat sebab mahasiswa yang KKN juga merupakan petugas kesehatan yang nantinya akan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat.

"Ini ibarat gayung bersambut, kita awal Maret lalu mengeluarkan kebijakan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat," katanya.

Menurut Muda, terobosan yang dilakukan pihaknya itu adalah pertama di Kalimantan Barat dan merupakan kebijakan pertama di Indonesia dengan memberlakukan Jamkesda bagi masyarakat yang sakit. "Kita tahu mereka kelak juga akan jadi petugas kesehatan di masyarakat, jadi momen ini bisa dijadikan sebagai bagian dari pendekatan kepada masyarakat berupa promosi kesehatan dan membantu kita menyampaikan informasi itu kepada masyarakat," kata dia lagi.

Di Kubu Raya mereka akan langsung tersebar ke desa-desa yang telah ditentukan menjadi tempat tugas mereka. Menurut Muda kendati hanya dalam tiga belas hari melakukan tugas KKN adalah waktu yang cukup untuk melakukan pendekatan dan membangun paradigma sehat masyarakat. Dimana yang dilakukan adalah fokus langsung pada sasaran yaitu masyarakat.

Sementara itu Direktur Poltekes Kemenkes Pontianak, Khayan mengatakan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kubu Raya atas kesediaannya menerima mahasiswa Poltekkes Pontianak untuk melaksanakan tugas KKN di Kubu Raya.

Ia mengatakan dipilihnya Kubu Raya sebagai tempat pelaksanaan KKN adalah karena melihat komitmen dan fokus kebijakan Kubu Raya terhadap kesehatan masyarakat sangat tinggi dan bersinergi dengan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab para mahasiswa sebagai petugas kesehatan nantinya di tengah-tengah masyarakat.


Pewarta: Rendra Oktora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013