Pontianak (Antara Kalbar) - Pelajar Kota Pontianak mendominasi 10 besar nilai tertinggi Ujian Nasional (UN) tahun 2013 untuk jenjang SMA dan Madrasah Aliyah (MA) di Provinsi Kalimantan Barat.

"Ini menjadi tugas bersama, agar sebaran lebih merata," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Alexius Akim saat pemaparan hasil Ujian Nasional Tahun 2013 untuk SMA, MA dan SMK di Pontianak, Kamis.

Secara keseluruhan, terjadi kenaikan prosentase kelulusan Ujian Nasional bagi siswa SMA dan sederajat di Kalbar tahun ini. Tahun 2012, prosentase kelulusan berada di angka 98,52 persen dari seluruh peserta.

Sedangkan tahun 2013, angka prosentase hampir mencapai 100 persen tepatnya 99,66 persen dari 43.583 siswa peserta Ujian Nasional kalangan SMA, SMK dan MA.

"Yang lulus 43.433 siswa, atau yang tidak lulus 150 siswa saja," kata Alexius Akim.

Rinciannya, untuk siswa SMA dan MA, tingkat kelulusan 99,56 persen dari 31.817 peserta atau 141 yang tidak lulus. Jenjang SMK, siswa yang tidak lulus 9 orang dari 11.766 orang peserta.

10 besar peringkat tertinggi hasil Ujian Nasional siswa SMA untuk jurusan IPA, didominasi SMA Negeri 1 Pontianak dan SMA Kristen Immanuel Pontianak. Peringkat pertama, atas nama Fajar Faturrahman dari SMA Negeri 1 Pontianak, diikuti Vincentius Herman dari SMA Kristen Immanuel Pontianak.

Peringkat ketiga, Albert Tito dari SMA Negeri 1 Pontianak, lalu Gabriela Yulia (SMA Kristen Immanuel Pontianak), Agung Prasetyo (SMA Negeri 1 Pontianak), Reynaldo (SMA Kristen Immanuel Pontianak), Anwar Naufal Prasetya (SMA Negeri 1 Pontianak), Jovindo (SMA Negeri 3 Pontianak), Anita Natalia (SMA Kristen Immanuel Pontianak) dan Indra M (SMA Kristen Immanuel Pontianak). Fajar Faturrahman mendapat nilai 57,90.

Sedangkan untuk jurusan IPS, nilai tertinggi diraih Erlangga Syahputra dari SMA Negeri 1 Pontianak dengan nilai 56,50.

Untuk MA, nilai tertinggi jurusan IPA yakni 53,98, atas nama Muhammad Luthfi dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Sementara untuk jurusan IPS, nilai tertinggi dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Sedangkan nilai tertinggi jurusan Agama, diraih siswa dari Madrasah Aliyah Negeri Model Kota Singkawang.

Untuk jenjang SMK, nilai tertinggi dari siswa asal SMK Negeri 1 Tanah Pinoh, Kabupaten Melawi. 

T011/


Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013