Sekadau (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sanggau yang diwakili Dinas Kesehatan menggelar pengobatan gratis di Desa Lubuk Tajau, Kecamatan Nanga Taman, bekerja sama dengan Tim Penggerak  PKK Kabupaten setempat.

Acara yang diaddakan pada Jumat (7/6) itu dihadiri Wakil Bupati Sekadau Rupinus dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus.

Sejumlah petugas kesehatan dari dinas kesehatan Kabupaten Sekadau dan puskesmas Nanga Taman dikerahkan menuju ke desa Lubuk Tajau guna memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat setempat.

Dinas kesehatan dan PKK juga menghadirkan dokter umum asal Meragun Kecamatan Nanga Taman yang dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.

Selain pengobatan gratis, Dinkes dan PKK juga juga menyelenggara sunatan masal bagi masyarakat setempat. Kegiatan pengobatan gratis dipusatkan di aula kantor Desa Lubuk Tajau, sedangkan acara sunatan dan pemasangan alat kontrasepsi KB dilaksanakan di Pustu Desa Lubuk Tajau.

Wakil Bupati Sekadau Rupinus mengatakan adapun tujuan dilaksanakan pengobatan gratis ini adalah untuk membantu meringankan beban masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis sebagaimana yang sudah diprogramkan oleh pemerintah kabupaten sekadau. “Mudah-mudahan kegiatan yang kami laksanakan ini bermanfaat bagi masyarakat saya di lubuk Tajau,” kata Rupinus yang juga pernah menimba ilmu di Sekolah Dasar Desa Lubuk Tajau itu.

Dikatakan Alumni Fakultas Hukum Untan ini, kegiatan pengobatan gratis ini juga merupakan program Pemda Sekadau yang dilakukan secara rutin setiap tahun yang pelaksanaannya bekerja sama dengan PKK.


Menurut orang nomor dua di Bumi Lawang Kuari ini, kegiatan semacam ini menunjukan bentuk keseriusan Pemkab Sekadau dalam bidang kesehatan.

Ditempat yang sama Wakil ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus meminta agar masyarakat desa lubuk tajau khususnya agar selalu senantiasa menjaga kebersihan, terutama lingkungan diperbanyak tanam pohon di halaman rumah serta menanam sayur mayur.

“Manfaatkan pekarangan rumah untuk  bercocok tanam. Banyak hal yang kita dapat lakukan dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih,” ungkap Kristina.

Salah seorang warga bernama Magdalena Rosita (40) tahun , yang menjadi  pasien dalam pengobatan gratis itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sekadau yang rela menyelenggarakan pengobatan gratis di Desa Sengkbang.

Menurut dia,  kegiatan yang baru pertama kalinya dilaksanakan di desanya ini dirasakan sangat membantu masyarakat di Desa Lubuk Tajau dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. untuk itu dia berharap agar kegiatan baik seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, dalam memberi jaminan kesehatan yang baik kepada masyarakat.

 â€œKegiatan pengobatan gratis oleh Pemkab Sekadau ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami di Lubuk Tajau, dan kami juga dengan tulus menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sekadau yang sudah memprogramnya di desa kami ini,” tuturnya.

(Humas Sekadau)

Pewarta: Hartono

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013