Pontianak (Antara Kalbar) - Pasangan bakal calon Sutarmidji (pejabat kini) - Edi Rusdi Kamtono berjanji akan membangun Jembatan Kapuas III guna mengatasi kemacetan di kota itu, jika terpilih menjadi wali kota dan wakil wali kota Pontianak, periode 2013-2018.

"Saya dan pak Gubernur Kalbar Cornelis telah sepakat akan membangun Jembatan Kapuas III di wilayah Kecamatan Pontianak Barat guna mengurangi kemacetan di Jembatan Kapuas I," kata Sutarmidji saat berorasi di Gedung Pontianak Convention Center Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, alasan dirinya maju pada Pilwako Pontianak 2013, karena masih ada pekerjaan yang perlu dituntaskan, salah satunya pembangunan Jembatan Kapuas III tersebut.

"Kalau terpilih nanti, saya bersama Edi Rusdi Kamtono juga akan meningkatkan pembangunan sekolah-sekolah mulai dari SMP hingga SMA/sederajat di Kecamatan Pontianak Timur dan Utara, serta rumah sakit di Kecamatan Pontianak Utara," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Sutarmidji merasa terharu, karena telah diusung oleh lima partai politik dengan jumlah kursi sebanyak 18 kursi, dan 11 Parpol pendukung tanpa kursi di DPRD Kota Pontianak.

Sementara itu, bakal pasangan calon wakil wali kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan, kesiapannya membantu apa yang menjadi program wali kota Pontianak.

"Saya kalau terpilih nantinya, mungkin akan lebih konsentrasi dalam peningkatan pembangunan infrastruktur jalan, drainase, pelayanan air bersih, sampah, serta penyehatan pemukiman sehingga tercipta Kota Pontianak yang berwawasan lingkungan," ujar Edi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas PU Kota Pontianak.

Ketua KPU Kota Pontianak Joni Rudwin menyatakan, setelah melakukan verifikasi faktual terhadap parpol pengusung, bakal pasangan calon Sutarmidji - Edi Rusdi Kamtono resmi diusung lima parpol, yakni PPP, PDIP, PAN, PKS, Partai Karya Peduli Bangsa dengan 18 kursi di DPRD Kota Pontianak.

Sementara, 11 parpol pendukung, yakni yakni Gerindra, Nahdlatul Ummah Indonesia, Partai Pelopor, Republikan, PMB, Partai Demokrasi Kebangsaan, Partai Merdeka, PPPI, PIS, PPI, dan Partai Kasih Demokrasi Indonesia, tidak memiliki kursi di DPRD Kota Pontianak, katanya.

KPU Kota Pontianak membuka pendaftaran bakal pasangan calon Pilwako Pontianak baik dari jalur perseorangan maupun parpol sejak 12 hingga 18 Juni.

Sebelumnya mendaftar langsung di Kantor KPU Kota Pontianak, Jalan Johar, Sutarmidji dan Edi Rusdi Kamtono melakukan deklarasi bersama 16 parpol di PCC Pontianak, yang juga dihadiri oleh ribuan pengurus dan kader parpol.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013