Karakas (Antara Kalbar/AFP) - Venezuela pada Rabu meluncurkan penghargaan terbaru untuk menghormati mendiang Presiden Hugo Chavez dengan mendirikan lembaga pemikiran Chavezian.

"Pembentukan ini dilakukan Yayasan Negara, yang akan dinamai  'Lembaga Pendidikan Tinggi Ajaran Panglima tertinggi Hugo Chavez Frias'," kata Surat Keputusan Presiden Nicolas Maduro dalam lembaran resmi.

Tokoh sosialis benci Amerika Serikat itu, wajah paling menonjol dari sayap kiri Amerika Latin, meninggal lima bulan lalu.

Lembaga itu "akan menyetujui dan memantau kursus mengenai ide-ide  pemimpin Revolusi Bolivarian untuk tingkat universitas dan program gelar pascasarjana" serta menetapkan aturan untuk penggunaan nama presiden di ruang publik.

Maduro mengumumkan pembentukan lembaga baru itu di Sabaneta, kampung Chavez, pada Minggu sebagai bagian dari perayaan nasional selama sepekan untuk memperingati ulang tahun sang pemimpin.

Warisan Chavez juga telah membagi negara, dengan sekitar separoh penduduk menyalahkan dia atau Maduro untuk kesengsaraan ekonomi negara anggota OPEC dan meroketnya tingkat kejahatan.

(A. Krisna)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013