Singkawang (Antara Kalbar)  - Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Singkawang, Emy Erwanda, mendorong pemanfaatan internet untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Singkawang karena akan bermanfaat pada perluasan inklusi keuangan dan gerakan kewirausahaannya.

"Internet memberikan dampak  besar sekali terhadap pertumbuhan dan perkembangan UMKM. Melalui internet masyarakat yang memiliki usaha bisa belajar bagaimana peningkatan kualitas produk, packing sampai ke pemasaran. Terlebih saat ini internet sudah bisa dijangkau dengan mudah di Kota Singkawang, melalui HP, warnet, M-PLIK yang dikelola oleh setiap kecamatan dan lainnya," kata Emy Erwanda di Singkawang, Jumat.

Penetrasi internet itu, lanjut dia, juga akan mendorong gerakan kewirausahaan di masyarakat karena akan semakin banyak warga masyarakat yang terlayani perbankan atau lembaga keuangan melalui internet dan jaringan mobile banking.

“Saat ini UMKM di Kota Singkawang sebagian sudah memanfaatkan perkembangan IT untuk memasarkan hasil produksinya, baik melalui facebook, BB, twitter, blog,  dan jasa internet lainnya. Dengan kondisi ini Disperindagkop UKM Kota Singkawang dalam melakukan gerakan pembinaannya juga menyesuaiakan dengan perkembangan. Selain kita bina secara langsung dalam sisi kualitas produk, monitoring, permodalan, kita juga mengevaluasi melalui IT dan kita jadikan bahan dalam mengambil kebijakan” kata Emy.

Emy lebih lanjut menyampaikan bagi masyarakat yang sudah memiliki kemampuan dalam pemanfaatan internet dalam mengembangkan usahanya, dia berharap agar para UMKM tersebut bisa meningkatkan dalam mencari mitra dalam berbisnis.

Sebaliknya bagi UMKM yang belum mempunyai kemampuan, pihaknya akan berkejasama dengan Dishubkominfo untuk bersama-sama melakukan pembinaan.

“Pemanfaatan intenet untuk UKM (Usaha Kecil Menengah), khususnya e-commerce harus didorong untuk menciptakan pasar bagi UKM untuk menggaet calon pembeli sebanyak-banyaknya. Internet adalah media promosi yang dapat dilakukan oleh UKM dan biaya operasional untuk promosi sangat terjangkau sekali. UKM akan mendapatkan konsumen dalam jumlah besar. Kami mengimbau agar UMKM di Kota Singkawang untuk bisa memanfaatkan internet dalam menunjang usahanya” harap Emy.

(MC Skw)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013