Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Brigjen (Pol) Tugas Dwi Apriyanto, Rabu malam meninjau Festival Meriam Karbit di Kampung Beting, Kota Pontianak, yang diadakan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Kapolda meninjau Festival Meriam Karbit bersama sejumlah personel," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar Ajun Komisaris Besar (Pol) Mukson Munandar di Pontianak.

Mukson mengatakan peninjauan itu guna menyaksikan langsung festival tersebut sekaligus memberikan dukungan terhadap kegiatan tahunan itu.

Festival Meriam Karbit digelar tiap tahun setiap malam takbiran. Festival diikuti kampung-kampung di pinggiran Sungai Kapuas dengan jumlah meriam yang mencapai ratusan.

Menurut dia, selain meninjau festival meriam karbit, pada siang tadi Kapolda Tugas Dwi Apriyanto mengunjungi posko pengamanan Idul Fitri yang ditempatkan di sejumlah lokasi strategis. "Ada empat posko yang ditinjau mewakili lainnya. Di sana Kapolda menyerahkan bantuan obat-obatan dan kue," katanya.

Sebanyak 65 posko pengamanan Lebaran tersebar di 14 kabupaten/kota di wilayah Kalbar.

Sementara itu, malam takbiran di Pontianak diwarnai dengan dentuman saling bersahutan meriam karbit yang terdengar membahana hingga belasan kilometer. Selain itu, sejumlah pemukiman warga juga mengadakan pesta kembang api, meski hujan dengan intensitas ringan sempat mengguyur wilayah kota seusai Magrib.

Selain itu, di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Kalbar, Jl Ahmad Yani juga berlangsung takbiran. Pemerintah Provinsi membangun miniatur masjid di depan rumah dinas tersebut sebagai tempat diadakannya takbiran yang dilengkapi peralatan musik seperti gendang. Ratusan warga terlihat menyaksikan takbiran itu saat melintasi pendopo yang berada di kawasan jalan protokol Kota Pontianak tersebut.

(Masduki Attamami)

 

Pewarta: Nurul Hayat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013