Mempawah (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Pontianak telah menetapkan jumlah yang termasuk dalam daftar pemilih tetap sebanyak 180.357 terdiri dari 90.964 pemilih laki-laki dan 89.393 pemilih perempuan .
 
"Untuk pilkada jumlah DPT nya sudah kita tetapkan dan selain itu untuk pelaksanaan Pilkada pada 19 September nanti akan digelar pada 500 TPS dengan 67 panitia pemilihan suara di tingkat desa dan sembilan panitia pemilihan kecamatan yang berada diseluruh Kabupaten Pontianak," jelas Ketua KPU Kabupaten Pontianak, Munir Putra, Selasa.

Selain itu kata Munir beradasarkan pada pelaksanaan Pilkada yang lalu dan pemilihan gubernur tingkat partisipasi pemilih masih mencapai 70 persen sehingga pada Pilkada ini kemungkinan tingkat partisipasi pemilih rendah itu bisa dihindarkan.

"Untuk Kabupaten Pontianak tingkat partisipasi dan kepedulian masyarakat akan hak pilihnya masih tinggi namun KPU Kabupaten Pontianak tetap terus melakukan sosialisasi baik melalui media maupun pertemuan dengan masyarakat dalam ifen apapun sembari mengingatkan hari pemilihan kepala daerah 19 September nanti.

Selain itu untuk pemilih pemulapun tak lepas dari perhatian sehingga KPU tetap melaksanakan sosialisasi ke sekolah agar siswa yang telah memiliki hak pilih dapat menggunakan sebagaimana mestinya baik itu dalam pilkada, pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden.

Jadwal Kampanye

Untuk tahapan pemilihan kepala daerah Munir menjelaskan bahwa setelah penyampaian visi dan misi kemudian dilanjutkan dengan kampanye masing-masing calon peserta dan selain menentukan jadwal zona pelaksanaan kampanye nya pun telah ditentukan.

"Penyampaian visi dan misi adalah awal dari pelaksanaan kampanye dan masing-masing calon akan melaksanakan kampanye sesuai jadwal dan di zona yang telah diatur KPU agar tidak berbenturan waktu dan tempatnya".

Waktu kampanye terhitung sejak tanggal 2 sampai 15 September di tiga zona kampanye yaitu zona satu meliputi wilayah Kecamatan Siantan dan Segedong, kemudian zona dua untuk Kecamatan Sungai Pinyuh, Anjongan, Toho dan Sadaniang, lalu zona tiga wilayah Kecamatan Mempawah Hilir, Mempawah Timur dan Kecamatan Sui Kunyit.

Kegiatan kampanye ini akan diakhiri dengan pelaksanaan debat kandidat pada tanggal 15 September dan rencananya digelar di Mempawah namun bagaimana pelaksanaan dan dimana tempatnya masih dalam pembahasan di KPU kata Munir mengakhiri.

Pewarta: Oleh Syafarudin Ariansyah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013