Nanga Taman (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sekadau, Rupinus, kembali melakukan pemantauan pemilihan kepala desa di dua desa di Kecamatan Nanga Taman, yaitu Desa Meragun dan Desa Nanga Taman.

Dalam kunjungan kerjanya pada Rabu, Wabup didampingi Camat Nanga Taman, Afronius Akim Sehan. Di Desa Meragun, Wabup mengunjungi tiga dari tujuh TPS.

Wabup sempat berbincang-bincang dengan panitia pemungutan suara (PPS) serta masyarakat yang menggunakan hak pilihnya. Demikian pula saat Wabup mengunjungi TPS-TPS di Desa Nanga Taman.

Dari pantauan, suasana Pilkades di dua Desa tersebut berlangsung kondusif. Tingkat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkades cukup tinggi. Pemilih di tiap-tiap TPS tampak antusias datang dan menggunakan hak suaranya.

Meski suasana pemilihan berlangsung kondusif, aparat keamanan tampak sigap mengawal jalannya proses demokrasi di pemerintahan paling bawah itu.

Wakil Bupati memberikan apresiasi atas partisipasi masyarakat yang dengan kesadaran tinggi menggunakan haknya sebagai warga negara untuk memilih pemimpin yang dianggap ideal. Itu menunjukkan demokrasi sudah tercipta dengan baik.

Rupinus berpesan agar panitia Pilkades tidak bosan memberikan imbauan kepada warga agar menggunakan hak suaranya dalam proses Pilkades. “Kita berharap jangan sampai ada masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya (golput). Karena, satu suara saja bisa berpengaruh dalam penentuan pemimpin di desa setempat selama enam tahun ke depan,” kata Rupinus.

Alumnus program magister Universitas Indonesia itu turut meminta agar masyarakat tidak asal pilih. Ia mengharapkan masyarakat lebih kritis dalam memilih kandidat yang ideal menjadi pemimpinnya.

“Perhatikan visi misi yang disampaikan para kandidat. Karena, dalam visi misi itu tergambar apa arah pembangunan jika mereka (calon kades) terpilih kelak,” pesan Wabup.

Bagi Desa yang akan melaksanakan Pilkades selanjutnya, Wabup meminta para Cakades yang akan bertarung tidak melakukan kampanye secara berlebihan. “Sederhana saja, sampaikan visi misi yang relevan dengan kebutuhan desa setempat,” katanya mengakhiri.

Pewarta: Hartono*

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013