Sekadau (Antara Kalbar) - Kartu tes calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) sementara yang diterima peserta dari panitia penerimanaan berkas akan segera ditukarkan dengan kartu baru. Nomor tes yang baru formatnya langsung dari Badan Kepegawaaian Nasional (BKN).

"Kartu ujian seleksi CPNS 2013 akan ditukar dengan kartu ujian baru. Dari adanya perubahan kartu ujian yang tadinya Kabupaten Sekadau menggunakan RK 9 tahun 2013, akan disesuaikan dengan kartu tes yang terbaru dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Penukaran kartu ujian seleksi CPNS itu kita layani mulai tanggal 30 Oktober 2013 sampai dengan 1 November 2013,” kata Kepala Kantor Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sekadau, Markus Aron Aput, Rabu (2/10).

Aput mengatakan, penukaran kartu ujian diberlakukan untuk seluruh pelamar CPNS tahun 2013, baik pelamar umum atau honorer kategori dua. Nomor tes yang baru formatnya langsung dari BKN, untuk penerbitannya melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sekadau. Ujian  seleksi CPNS digelar bersamaan, hanya beda tempat saja.

Sedangkan pelaksanaan ujian seleksi CPNS nanti, akan dipantau langsung oleh tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dari pusat.

"Khusus untuk tenaga honor atau kategori dua, akan ditangani langsung oleh panitia seleksi Nasional dengan melibatkan 10 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dalam bentuk konsorsium, termasuk masalah penomoran tes. Pelaksanaan ujian seleksi CPNS nanti, akan dipantau langsung oleh tim Panselnas dari pusat, Sedangkan tugas panitia daerah mulai dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota hanya memfasilitasi mulai dari membuat pengumuman atau pendaftaran, menyiapkan tempat test untuk pelamar umum maupun tenaga honor kategori dua," jelas Aput.

Aput mengatakan, BKD Kabupaten Sekadau merinci tempat seleksi atau tes CPNS menggunakan beberapa gedung sekolah di kota Sekadau, seperti SMA Karya, SMPK St. Gabriel, SD Katolik Slamet Riyadi, SMPN 1 Sekadau Hilir, SDN 1 Sekadau Hilir dan SDN 21 Sekada Hilir.

"Khusus untuk tenaga honorer kategori dua akan rencananya akan ditempatkan di SMPK Santo Gabriel. Sebelum pelaksanaan test khusus untuk tenagaga honor kategori dua akan diberikan pembekalan pertengahan oktober 2013 nanti. Dalam pertemuan itu, sekaligus kita akan memberikan kartu ujian seleksi bagi peserta kategori dua," pungkasnya.


Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013