Ngabang (Antara Kalbar) - Kepolisian Resort Landak meminta kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Landak agar menggelar festival pawai takbiran Idul Adha 1433 H  berkeliling Kota Ngabang berlangsung tertib dan menjaga keamanan.

“Kami sebagai aparat kepolisian di Satlantas Polres Landak menghimbau kepada panitia pelaksana kegiatan takbiran keliling supaya bisa menjaga tata tertib berlalulintas,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Landak, AKP Bagus Nyoman GJ di Ngabang, Minggu.

Dijadwalkan, start pawai takbiran tersebut dimulai di halaman rumah dinas Bupati Landak. Pelaksanaan pawai takbiran keliling inipun tentunya tidak terlepas dari aparat keamanan seperti jajaran Satuan Lalulintas.

Menurutnya,  pada saat pelaksanaan pawai takbiran keliling tersebut, Satlantas Polres Landak juga akan melakukan pengawalan dan pengaturan lalulintas khususnya dititik-titik rawan seperti persimpangan.

“Hal ini kita lakukan demi keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jalan raya. Sedangkan jenis kendaraan yang dipakai dalam pawai takbiran tersebut mungkin sudah diatur oleh pihak panitia pelaksana,” kata Nyoman.

Ia juga  meminta agar pada malam takbiran Senin malam,  tidak ada kendaraan sepeda motor yang memakai knalpot dengan suara yang nyaring.

 â€œKemudian, untuk keselamatan berlalulintas, segala kelengkapan sepeda motor dan surat menyurat saat mengendarai kendaraan harus selalu diperhatikan. Demikian juga dengan helm pengaman yang standard dan berlabel SNI harus selalu dikenakan ketika mengendarai sepeda motor,” himbau Nyoman.

Sementara itu, Ketua PHBI Landak Jainan Darsah mengatakan, pihaknya mengundang seluruh umat Muslim di kota Ngabang agar ikut memeriahkan festival takbiran.

"Pelepasan Festival Takbiran dan penyerahan hadiah oleh Bupati Landak Adrianus Asia Sidot  pada Senin 14 Oktober pukul 19.00 WIB sampai selesai di  halaman rumah Bupati Landak," ungkap Jainan.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013