Pontianak (Antara Kalbar) - BUMN karya PT Waskita Karya dipilih Bank Pembangunan Asia sebagai pemenang dari pengerjaan ruas jalan antara Simpang Tayan - Sosok - Sanggau di Provinsi Kalimantan Barat.

"Beberapa hari lalu sudah ditetapkan, nanti tinggal menunggu penetapan dari Kementerian Pekerjaan Umum," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar, Jakius Sinyor saat dihubungi di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa setelah ditetapkan akan diumumkan ke publik sambil menunggu masa sanggah selama empat hari.

"Kalau sudah, tidak lama ruas jalan tersebut dapat dimulai perbaikannya," kata Jakius Sinyor.

Selain Waskita Karya, PT Adhi Karya selaku pemenang kedua juga diajukan ke Bank Pembangunan Asia. Namun yang dipilih Waskita Karya.

Lelang dilakukan pada Mei 2013, sekaligus ada tiga proyek infrastruktur yang dibiayai Bank Pembangunan Asia (ADB) dengan nilai penyediaan anggaran Rp1,1 triliun.

Ketiga proyek tersebut yakni pembangunan jalan ruas Simpang Tayan - Sosok - Sanggau, Singkawang - Tebas dan Galing - Aruk.

Ruas Simpang Tayan - Sosok - Simpang Tanjung - Sanggau. Pagu anggaran sekitar Rp538 miliar. Kemudian untuk ruas Singkawang - Tebas, senilai Rp348,9 miliar dan ruas antara Galing - Aruk di Kabupaten Sambas, nilai yang dialokasikan Rp225,5 miliar.

Jalan yang akan dibangun nantinya sesuai spesifikasi untuk jalan nasional dengan lebar 14 meter.

"Untuk ruas jalan antara Tayan dan Sosok, sudah 20 tahun tidak pernah diperbaiki, sehingga wajar kondisinya rusak karena dilalui kendaraan beragam macam dan ukuran," kata Jakius Sinyor.

Pembiayaan menggunakan sistem tahun jamak dengan target tuntas tiga tahun.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013