Johannesburg (Antara Kalbar) - Foto bersama Obama, Helle Thorning-Schmidt, Cameron, yang diambil sendiri dengan menggunakan telepon pintar tampaknya menjadi foto 'narsis' yang paling terkenal di dunia.

Persiden Amerika Serikat itu bersama Perdana Menteri Inggris tampak mendekatkan kepalanya dan Perdana Menteri Denmark, Helle Thorning-Schmidt, yang mengambil foto.

Namun sepertinya ketiga pemimpin dunia tersebut tidak menyadari komentar-komentar yang muncul atas foto yang diambil ditengah-tengah misa kenangan untuk Nelson Mandela, Selasa 10 Desember.

Koran-koran di Inggris mengkritiknya dengan tajam antara lain dengan mempertanyakan 'gejala sosial' yang semakin meluas itu sudah menyebar ke acara yang serius.

The Daily Mail menyebutnya tidak punya rasa hormat sambil menambahkan sebagai 'murahan'.

Sementara penulis di koran serius Daily Telegraph, Neil Midgley, sepakat bahwa foto ketiga pemimpin tersebut 'amat luar biasa'.

"Itu sangat ke luar dari hal untuk apa hari tersebut," tambahnya.

Sedangkan koran kuning The Sun menurunkan spekulasi bahwa ibu negara Amerika, Michelle Obama tidak suka dengan Thorning-Schmidt.

Seorang penulis di koran Inggris menyebut foto itu 'amat luar biasa'.

Bagaimanapun Heather Walker -redaktur koran masyarakat Afrika Selatan di Inggris- mengatakan bisa menerima perilaku ketiganya.

"Orang mengharapkannya sebagai acara resmi namun menjadi amat biasa."

Dia menambahkan banyak penyanyi dunia yang hadir dan ketiga pemimpin itu mengambil semangatnya.


(BBC)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013