Pontianak (Antara Kalbar) - Wali Kota Pontianak Sutarmidji prihatin generasi anak-anak saat ini sudah mulai hampir tidak mengenal jenis-jenis ikan, padahal banyak kandungan gizi yang terkandung dalam ikan.

“Jadi memasyarakatkan supaya anak-anak tahu jenis-jenis ikan dan apa khasiatnya itu penting,” ujarnya usai melantik Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kota Pontianak di SMKN 9 Pontianak, Kamis (19/12).

Menurutnya, anak-anak tidak hanya dikenalkan dengan berbagai jenis ikan, tetapi khasiat yang terkandung dalam ikan-ikan itu juga perlu disosialisasikan sehingga mereka tahu jenis dan khasiat ikan-ikan tersebut. “Ini perlu disosialisasikan di sekolah-sekolah. Nah, peranan Forikan ini lah yang mensosialisasikan pentingnya makan ikan di sekolah-sekolah supaya anak-anak gemar makan ikan,” kata Midji.

Untuk meningkatkan jumlah konsumsi ikan di kalangan masyarakat, Walikota mengajak masyarakat yang memiliki pekarangan kosong untuk memanfaatkannya dengan membuat kolam ikan walaupun berukuran kecil. “Kalau perlu setiap rumah itu punya kolam ikan walau hanya berukuran 1m x 1,5m, tapi itu sudah cukup untuk memelihara ikan,” terangnya.

Selain itu, Pemkot tengah mengkaji beberapa titik kawasan yang akan dijadikan pusat kuliner malam yang menu utamanya sebagian besar ikan. “Kalau perlu menu semuanya ikan supaya  ini bisa mengkampanyekan untuk meningkatkan jumlah konsumsi ikan,” jelas Midji.

Menurut data, jumlah konsumsi ikan di Kota Pontianak tercatat mencapai 34 kilogram per orang setiap tahunnya. Jumlah itu di atas rata-rata nasional yang hanya 30 kilogram per orang setiap tahun. “Harusnya konsumsi ikan kita bisa mencapai 50 kilogram per orang setahun. Makanya kita terus mensosialisasikan gemar makan ikan,” tuturnya.

Ia meminta Forikan yang baru dilantik menjalankan tugasnya dalam mengkampanyekan gemar makan ikan di kalangan masyarakat serta mendorong masyarakat menciptakan menu-menu makanan dari ikan yang variatif untuk memicu masyarakat gemar makan ikan.

Susunan pengurus Forikan yang dilantik langsung oleh Walikota Pontianak yakni diantaranya Ketua Umum Forikan, Lismaryani Sutarmidji dan Ketua Harian, Hidayati. Dalam kesempatan itu, Walikota juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat berupa alat-alat untuk budidaya ikan dan fasilitas bagi pelaku usaha perikanan.

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013