Sungai Raya (Antara Kalbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Supadio Pontianak mengimbau masyarakat Kalimantan Barat untuk tetap mewaspadai hujan dan angin kencang yang masih terjadi sepanjang bulan Januari ini.

"Memasuki Januari 2014 ini, curah hujan yang terjadi di Kalimantan Barat masih dalam intensitas tinggi. Diperkirakan intensitas hujan di Kalbar, Pontianak khususnya dan sekitarnya masih dalam kategori menengah sampai tinggi," kata Dedi, Prakirawan BMKG Pontianak di Sungai Raya, Minggu.

Menurutnya, diperkirakan intensitas hujan dengan kategori sedang hingga tinggi tersebut akan berlangsung hingga akhir Januari mendatang dan kemungkinan akan ada perubahan yang bisa saja terjadi secara cepat akibat perubahan angin.

"Perubahan cuaca yang ekstrim bisa saja terjadi dengan cepat, untuk saat ini dari pantauan kami cuaca hujan tersebut masih harus waspada," tuturnya.

Dia mengatakan, peluang terjadinya hujan beserta angin kencang diperkirakan masih tetap ada sesekali. Untuk itu masyarakat diminta untuk tetap terus waspada jika terjadi hujan yang disertai angin kencang.

"Jika di dalam perjalanan mengalami hujan dan angin kencang, kami mengimbau untuk dapat berlindung di tempat-tempat yang aman dan jauhi pepohonan," katanya.

Musim hujan yang terjadi di wilayah Kalbar, sering terjadi pada waktu sore hingga malam. Pihaknya memprediksikan pola seperti itu akan tetap terus terjadi hingga beberapa hari mendatang.

"Kecenderungan untuk menurun ataupun meningkat kita akan pantau terus setiap harinya. Kita semua berharap agar intensitas curah hujan memasuki awal tahun ini agar menurun, selain itu masyarakat tetap diminta waspada dengan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi," kata Dedi.***3***

(KR-RDO)

(U.KR-RDO/B/Z004/Z004) 12-01-2014 20:57:07

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014