Zurich, Swiss (Antara Kalbar) - Pesepakbola Cristiano Ronaldo sukses meraih gelar pemain terbaik dunia tahun 2013 setelah dinobatkan sebagai peraih Ballon d'Or dalam seremoni yang diselenggarakan di Zurich, Swiss, Senin malam (Selasa dini hari WIB).

Gelar ini merupakan penghargaan yang kedua bagi Ronaldo karena sebelumnya pernah memenangkan penghargaan serupa pada 2008 ketika masih berseragam Manchester United.

Ia juga tiga kali berturut-turut menjadi runner-up Lionel Messi pada tahun 2009, 2011 dan 2012.

Ronaldo menyingkirkan dua pesaingnya yakni Lionel Messi yang merupakan peraih gelar serupa tahun lalu dan Franck Ribery yang tampil gemilang kala mengantar Bayern Muenchen meraih treble winner.

Tahun ini Messi kehilangan performa terbaiknya karena didera cedera sementara Ronaldo tampil cemerlang saat membantu Real Madrid menggapai final Copa del Rey dan babak empat besar Liga Champions.

Selain itu Ronaldo juga menjadi aktor protagonis dengan mengantarkan Portugal lolos ke Piala Dunia dengan mencetak empat gol di babak play-off melawan Swedia, November tahun lalu.

Ronaldo juga menjadi raja gol 2013 dengan mencetak 69 gol sepanjang tahun dengan rincian 38 gol di La Liga Spanyol, 15 gol di Liga Champions, enam untuk Copa del Rey dan 10 gol untuk timnas Portugal, demikian laman fifa.(*)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014