Pontianak (Antara Kalbar) - Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat kini memiliki rumah sakit Mitra Medika dengan konsep modern, serta standar layanan kesehatan yang tinggi, dan memiliki peralatan berkualitas lengkap.

"Ide awal pembangunan RS Mitra Medika, yakni keinginan untuk menyiapkan rumah sakit yang baik, lengkap, serta memenuhi standar akreditasi nasional dan JCI dengan konsep modern dan ramah lingkungan," kata Pemegang Saham Rumah Sakit Mitra Medika, Ari Chandra dalam sambutannya pada peresmian rumah sakit itu, Kamis.

Ia menjelaskan, misi RS Mitra Medika, yakni menyediakan layanan kesehatan yang meningkatkan kualitas hidup berdasarkan standar kualitas, kendali mutu dan keselamatan pasien, staf profesional, fasilitas terbaik, serta aktif mempromosikan hidup sehat, peduli pada lingkungan bagi karyawan dan masyarakat.

"Rumah sakit Mitra Medika dibangun delapan lantai, menyediakan 180 unit tempat tidur rawat inap, layanan klinik rawat jalan dan layanan medical chek up modern," ungkap Ari.

Selain itu, layanan bedah dilengkapi dengan perangkat dan kamar operasi berteknologi terkini, layanan bedah akses minimal, unit gawat darurat 24 jam, ICU, ICCU, HCU, PICU, NICU 24 jam, laboratorium modern dan bank darah 24 jam, serta 19 klinik, katanya.

"Rumah sakit Mitra Medika juga memiliki peralatan medis yang belum pernah ada di Kalbar, yakni alat ESWL alat yang berfungsi untuk memecah batu ginjal tanpa operasi, Mammografi dari Siemen Jerman pemeriksaan radiologi yang berfungsi mendeteksi dini kanker payudara dengan kualitas gambar jernih," ujarnya.

Selain itu memiliki peralatan multi-slice CT-scan generasi terbaru dengan rekontruksi aksial 128 slice, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan lebih detail dibanding generasi sebelumnya, kata Ari.

RS Mitra Medika sejak Januari hingga Maret 2014 memberikan potongan harga sebesar 30 persen untuk pemeriksaan laboratorium, radiologi dan kamar rawat inap bagi masyarakat yang berobat di rumah sakit itu.

Sementara itu, Wali Kota Pontianak Sutarmidji menyatakan, kehadiran RS Mitra Medika di Kota Pontianak yang bisa dibanggakan itu diharapkan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya.

"Mudah-mudahan dengan hadirnya RS modern ini, masyarakat Pontianak dan Kalbar umumnya tidak lagi perlu berobat keluar negeri, karena di sini sudah ada RS yang modern dan fasilitas lengkap," ujarnya.

Menurut dia, Pemerintah Kota Pontianak siap mendukung RS itu, termasuk akan melebarkan Jalan Sultan Abdurrahman jalan menuju akses rumah sakit tersebut. 



(U.A057/I006) 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014