Sungai Raya (Antar Kalbara) - Nahdlatul Ulama akan membangun universitas umum di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, yang akan menjadi perguruan tinggi umum pertama di kabupaten itu.

"Tidak lama lagi, Kabupaten Kubu Raya yang merupakan kabupaten termuda di Kalimantan Barat akan memiliki universitas Nahdlatul Ulama, perguruan tinggi tersebut nantinya akan menjadi perguruan tinggi NU satu-satunya di Kalbar yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kalbar," kata Ketua NU Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie.

Dia mengatakan, untuk membangun universitas itu pihaknya sudah cukup lama mempersiapkan segara hal, termasuk administrasi pembangunannya.

"Sudah tiga tahun segala administrasi baik mengenai perizinan hingga persiapan tenaga pengajarnya telah dipersiapkannya untuk membangunan Universitas NU tersebut. Sekarang tinggal menunggu proses perizinan lahan yang kita pinta untuk dibangun di Kabupaten Kubu Raya," tuturnya.

M Zeet menuturkan, Universitas NU tersebut bukanlah universitas berbasis agama, namun universitas tersebut bersifat umum dan terbuka.

"Selain terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, universitas NU memiliki fakultas yang sangat universal dan sangat riil untuk menghadapi jaman yang semakin maju," katanya.

Mengenai sumber daya manusia (SDM), lanjutnya, untuk dosen pengajar di universitas itu telah dipersiapkan dengan matang dan berdedikasi tinggi.

"Semua fakultas yang akan kita sediakan telah memiliki dosen pengajar yang memang ahli di bidangnya. Jadi begitu universitas ini diresmikan, maka kegiatan belajar mengajarnya bisa langsung dimulai," tuturnya.

Untuk fakultasnya sendiri, tambahnya, ada empat fakultas dan 16 program studi yang akan disiapkan untuk Universitas Nahdatul Ulama itu. Semua yang ada didalamnya merupakan proses pembelajaran sektor real seperti pertanian, perikanan, dan peternakan.

Zeet menuturkan, hingga saat ini Provinsi Kalbar berada di urutan nomor tujuh di Indonesia yang memiliki kesempatan untuk membangun Universitas NU di Kalbar.

"Momentum ini akan kita gunakan sebaik mungkin dengan harapan dapat menjadikan putra-putri Kalbar menjadi sosok yang mampu memberikan angin perubahan untuk pembangunan di Kalbar nantinya," kata M.Zeet.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014