Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Komisaris Besar (Pol) Hasanuddin menyatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 6.787 personel polisi untuk pengamanan Pemilu 2014.

"Sebanyak 6.787 personel polisi itu, nantinya tersebar di 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalbar," kata Hasanuddin seusai memimpin apel kesiapsiagaan pengamanan Pemilu 2014 dan darurat bencana di halaman Mapolda Kalbar, Selasa.

Ia menjelaskan, pengamanan Pemilu 2014, dilaksanakan sejak dimulainya tahapan kampanye terbuka Pemilu Legislatif 2014.

"Sekarang, kami sudah melakukan apel kesiapan pengamanan Pemilu 2014. Kegiatan ini dilakukan guna melihat secara langsung kesiapan personel polisi dalam pengamanan setiap tahapan Pemilu," ungkapnya.

Pola pengamanan Pemilu 2014, masih tetap seperti tahun-tahun sebelumnya, seperti melakukan pengamanan pada setiap kegiatan yang mengundang orang banyak, dan pengamanan tahapan pemilu lainnya.

"Setelah melakukan pengecekan langsung, Polda Kalbar masih kekurangan berbagai peralatan pendukung, termasuk jumlah personel. Terhadap kekurangan tersebut kami sudah ajukan penambahan ke Mabes Polri," ujarnya.

Selain melihat secara langsung, kesiapan personel Polda Kalbar dalam pengamanan Pemilu 2014. "Hari ini kami juga ingin melihat secara langsung kesiapan peralatan untuk tanggap darurat bencana dari pihak kepolisian dan instansi terkait," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wakapolda Kalbar mengimbau, kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan masing-masing, sehingga Pemilu 2014 berjalan lancar dan aman.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014