Sungai Raya (Antara Kalbar) - Di penghujung jabatannya sebagai kepala daerah Kabupaten Kubu Raya, Muda Mahendrawan, meresmikan Puskesmas Pembantu Parit Baru Kecamatan Sungai Raya dan Puskesmas Rawat Jalan Air Putih Kecamatan Kubu yang dipusatkan di Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya.

Pada kesempatan tersebut, Muda menginginkan pondasi pelayanan kesehatan di Kabupaten Kubu Raya harus kokoh agar mampu memberikan pelayanan optimal.

"Sejak memimpin Kubu Raya, sektor kesehatan menjadi perhatian penting bagi saya. Karena saya berkeinginan layanan kesehatan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat, sebab secara teritorial Kubu Raya masih terlalu luas dan lebih banyak ditempuh dengan kendaraan air," kata Muda, usai meresmikan dua puskesmas tersebut, Rabu.

Menurutnya, penguatan pelayanan kesehatan memiliki dampak yang besar untuk masyarakat. Dengan jangkauan semakin dekat, dia yakin pelayanan kesehatan bisa optimal.

Terlebih, saat ini di Kabupaten Kubu Raya sudah memiliki 19 Puskesmas Rawat Inap tersebar di seluruh kecamatan se-Kubu Raya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kubu Raya, Titus Nursiwan, M. Kes menilai banyaknya peningkatan sarana puskesmas akan berdampak pada peningkatan pelayanan masyarakat.

"Jika memang dibutuhkan, status pelayanan kesehatan tentu akan terus mengalami peningkatan," kata Titus.

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga merencanakan pembangunan rumah sakit daerah mulai tahun ini.

"Ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terus diwujudkan. Diantaranya, pembangunan sektor kesehatan, yakni pada 2014 mendatang segera dibangunnya rumah sakit," katanya.

Dia mengatakan, sudah menjadi tekad pemerintah Kubu Raya untuk terus meningkatkan pelayanan optimal bagi masyarakat dan seluruh rakyat kabupaten itu. Pelayanan yang baik bagi masyarakat dapat diartikan pula bahwa masyarakat telah ikut merasakan serta menikmati hasil pembangunan.

"Mulai tahun 2014 ini kita segera merencanakan pembangunan pusat-pusat pelayanan kesehatan berupa rumah sakit utama di wilayah Kubu Raya ini," tuturnya.

Menurutnya, pemerintah Kubu Raya akan terus melakukan pembangunan fasilitas dan sarana maupun prasarana kesehatan di wilayah Kubu Raya ini.

"Jadi fasilitas dan pelayanan kesehatan di perkotaan maupun pedesaan harus sama. Kualitas sumber daya aparatur juga akan terus ditingkatkan," kata Titus.

(A029)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014