Pontianak (Antara Kalbar)  - PT Pos Indonesia menambah jasa layanannya sebagai upaya memberikan nilai tambah kepada konsumen penggunanya dan meningkatkan daya saing dengan kompetitor, kata Manajer Pemasaran PT Pos Cabang Pontianak Rizki Tribowo.

"Ada beberapa pelayanan atau produk baru yang diluncurkan PT Pos untuk menjawab tantangan dan pemenuhan kebutuhan saat ini yaitu Pos Express, Pos Jumbo dan Pos Logistik, kemudian ada program pusat yang kini sedang dalam proses untuk dilaksanakan yaitu Pos Shop," kata Rizki.

Untuk program Pos Express sendiri sebenarnya sudah lama dijalankan guna menjawab tantangan persaingan dan mengubah anggapan kalau kiriman menggunakan jasa pos akan lama dan tidak aman. "Ttapi sekarang kiriman melalui Pos Express sudah bisa dijamin sehari sampai sesuai dengan slogan nya 'Pos Express sehari sampai', untuk 200 kota tujuan," katanya.

Kemudian, katanya, kini ada Pos Logistik yang mampu mengangkut kiriman yang berbentuk besar dalam jumlah besar pula, seperti komponen alat berat, mobil, atau lainnya, dan juga untuk melayani kebutuhan bagi yang pindahan dari dan ke Pontianak untuk daerah tujuan guna mengangkut peralatan atau perabotan yang ingin dibawa. Sedangkan untuk kiriman dengan berat 150 kilo gram dimasukan dalam layanan Pos Jumbo.

Kelebihan PT Pos dalam hal ini, kata Rizky,  meski belum memiliki armada sendiri tapi memiliki ruang tersendiri dengan menyewa pada armada perusahaan pengangkut sehingga barang yang dibawa pasti terangkut dan aman sehingga tidak perlu diragukan lagi.

"Kalau kita sudah pasti 'save' karena jelas bahkan kita bisa menyewa satu kontainer jika diperlukan untuk pengangkutan, tapi ada beberapa perusahaan jasa pengiriman yang malah mengirimkannya tidak dengan menyewa seperti kita tapi hanya bersifat 'titip' dengan kapal pengangkut dan berupaya membayar semurah mungkin," ungkapnya.

Selain pengiriman, PT Pos Indonesia Cabang Pontianak kini pun berupaya untuk membuka 'Pos Shop' yaitu semacam jaringan ritel PT Pos dan memberikan layanan yang sama dengan kantor pos biasanya dan ini sudah banyak dilakukan di luar negeri sehingga patut untuk diadopsi.

"Kalau di pusat kerja samanya dilakukan dengan Alfamart dan Indomart nah, kalau untuk Pontianak kita sedang upayakan bekerja sama dengan jaringan bisnis lokal seperti grup ritel Mitra ataupun Carrefour yang sudah ada disini,". ujarnya

Yang paling utama sekarang , tegas Rizki, masyarakat sudah mulai memahami kalau kantor Pos sudah lebih maju dan  berteknologi modern, sehingga tidak perlu diragukan kemampuannya untuk memberikan layanan prima dan optimal.     

Pewarta: Syafarudin Ariansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014