Sekadau ( Antara Kalbar ) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau memperkirakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilihan presiden tahun 2014 akan mengalami peningkatakn dibanding DPT Pemilu legislatif.

"Kita perkirakan mungkin ada penambahan jumlah DPT untuk Pilpres dari pemilu legislatif," kata komisioner KPU Sekadau, Drianus Saban di sela-sela pleno terbuka KPU tentang rekapitulasi perolehan suara Pemilu legislatif 2014, Senin.

Dia melanjutkan, jumlah DPT Pilpres diperkirakan mengalami penambahan dari kalangan pemilih pemula. "Kita prediksi dari pemilih pemula yang mengalami peningkatan," katanya.

Meski demikian, KPU Sekadau belum menetapkan jumlah DPT. Sampai saat ini, KPU baru menetapkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPSHP). DPSHP sendiri sudah ditetapkan di 87 Desa se-Kabupaten Sekadau pada hari ini juga. Hari ini DPSHP diumumkan di 87 desa.

Saban menegaskan, untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilpres, KPU Sekadau mengharapkan agar setiap warga yang memiliki hak pilih memastikan dirinya terdaftar dalam DPT. Pemilih pemula merupakan salah satu titik konsentrasi KPU untuk ditingkatkan partisipasinya.

"Pemilih pemula ini yang perlu didorong agar aktif memberikan hak pilih dalam pemilu," katanya.

Sebelumnya, KPU juga sudah menggelar rapat koordinasi penyusunan DPT Pilpres 2014 bersama PPK 7 Kecamatan, Sabtu pekan lalu.

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014