Sintang (Antara Kalbar) - Untuk membantu masyarakat yang ekonominya kurang mampu, pemerintah telah melaksanakan program pemasangan listrik gratis, namun sayangnya pemasangan listrik gratis tersebut sering kali tidak tepat sasaran. Sementara dari pihak PLN menyatakan mereka hanya sebatas melakukan pemasangan, sedangkan data rumah tangga berasal dari Pemda setempat.
 
Menurut Manajer PT PLN Rayon Sintang, Yudi Yanto, terkait pemasangan listrik gratis tersebut, dari pihak PLN hanya melakukan pengecekan secara teknis yaitu mengecek kelayakan untuk dilakukan pemasangan seperti dekat tidaknya rumah yang akan dipasang tersebut dengan jaringan PLN.

“Sedangkan yang menentukan rumah tangga mana yang akan mendapatkan pemasangan listrik tersebut, itu kebijakan dari Pemerintah Daerah (Pemda),” ungkap Yudi.
 
Dijelaskannya, sebelum program pemasangan listrik gratis dilaksanakan, dari PLN Wilayah menyurati bupati, lalu  bupati menyurati dinas terkait yang kemudian dilanjutkan ke kecamatan, ke desa hingga ke tingkat RT untuk melakukan pendataan. Karena RT yang lebih tahu dengan kondisi masyarakatnya.  Data dari bawah tersebutlah yang nantinya diajukan lagi ke ke pusat.

“Misalnya ada jatah pemasangan untuk 100 rumah tangga. Jadi Pemda lah yang menentukan daerah-daerah mana dan warga mana yang akan mendapatkan pemasangan listrik tersebut,”  ucapnya.
 
Dikatakannya, pemasangan listrik gratis tersebut merupakan program dari pemerintah pusat. Biaya pemasangan sambungan rumah, biaya instalasi yang dilakukan oleh instalatir, serat biaya sertifikasi layak operasi yang mengawasi pemasangan instalasi, semuanya ditanggung oleh pemerintah pusat.
 
Diungkapnya, bantuan pemasangan listrik gratis tersebut memang sering kali menimbulkan masalah. Jika ada persoalan, misalnya ada pemasangan yang tidak tepat sasaran, dari warga harus melakukan koordinasi ke pihak PLN, untuk memastikan apakah nama-nama yang mendapatkan pemasangan tersebut sesuai dengan data. “Selama ini pemasangan yang kami lakukan tersebut semua sesuai dengan data yang diturunkan dari atas,” ungkapnya.
 
Terkait pemasangan listrik gratis tersebut, khusus untuk Kabupaten Sintang pada tahun 2014 ada lagi program pemasangan listrik gratis, jumlahnya ada sekitar 100 pesangan rumah. Hanya saja pihak PLN belum mengetahui kemana Pemda Sintang akan melakukan pemasangan.  

Pewarta: Faiz

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014