Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pengamat transportasi penerbangan Kalimantan Barat, Syarif Usmulyani memprediksi dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, Kabupaten Kubu Raya akan menjadi kota metropolitan dengan peningkatan pembangunan yang sangat pesat.

"Hal ini tentu tidak terlepas dari semakin baiknya sarana transportasi penerbangan yang berada di kabupaten ini. Seperti yang kita lihat, saat ini perkembangan bandara Supadio cukup pesat, hal ini dipicu dari kian pesatnya kemajuan dan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat," kata Usmulyani yang juga menjabat sebagai Kadiv Operasional Bandara Supadio Pontianak di Sungai Raya, Minggu.

Dia menyatakan, secara umum Kalbar sudah menjadi salah satu destination bagi para investor untuk menginvestasikan uangnya terutama di Kota Pontianak, termasuk Kubu Raya. Hal itu secara tidak langsung memicu pergerakan tumbuh dan berkembangnya Bandara Supadio yang menjadi salah satu pintu masuk orang luar untuk bertandang ke Kalbar.

Cukup banyaknya jumlah investor beberapa tahun terakhir berinvestasi di Kalbar membuat Syarif Usmulyani memprediksi, ke depan Kalbar, khususnya Kubu Raya dan sekitarnya bakal menjadi kota metropolitan.

"Saya bisa memprediksi akan menjadi kota metropolitan, karena hingga sekarang bisa kita lihat pembangunan hotel, pusat perbelanjaan dan adanya investasi dari sektor lain terus marak dan ini menandakan perekonomian di Kalbar ini tumbuh dengan baik," katanya.

Terkait banyaknya investor yang berinvestasi di Kalbar kata dia, dikarenakan keamanan di Kalbar cukup baik, sehingga membuat para investor tidak sungkan untuk berinvestasi.

"Sebagai masyarakat, saya rasa sudah selayaknya kita menjaga suasana aman damai dan kondusif di Kalbar ini, sehingga ke depan akan semakin banyak orang yang berminat untuk berinvestasi dan secara tidak langsung juga bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Karena dengan banyaknya investor otomatis juga akan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal," kata Usmulyani.

Perkembangan Bandara Supadio sendiri, kata dia, bisa dilihat dari kondisi bandara yang selalu siap menampung peningkatan jumlah penerbangan, hal itu terbukti dengan adanya pembangunan landasan baru dan peningkatan sejumlah sarana dan prasarana lainnya di bandara supadio. *

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014