Salt Lake City (Antara Kalbar/Reuters) - Seorang warga Utah telah mengaku mencuri dan kemudian membuang fosil dinosaurus yang sangat langka,  namun yang bersangkutan  tidak akan dijatuhi hukuman penjara, menurut dokumen pengadilan.

Jared Ehlers, seorang pekerja konstruksi yang berusia 35 tahun, Rabu, mengaku bersalah di Pengadilan Distrik AS di Salt Lake City atas sebuah dakwaan federal menghilangkan artefak  paleontologis.

Berdasarkan kesepakatan pembelaan, dia akan dikenakan denda sebesar 15 ribu dolar dan menjalani satu tahun masa percobaan, termasuk enam bulan tahanan rumah. Sebagai imbalan pengakuannya, jaksa membatalkan sejumlah tuduhan termasuk pencurian dan pengabaian properti milik pemerintah, dan penghancurkan bukti.

Fosil jejak itu telah tertanam pada sebongkah batu seberat 150 pound (70 kg)  di dalam Kawasan Rekreasi, di dekat Moab, sekitar 235 mil (sekitar 380 km) tenggara dari Salt Lake City.

Kawasan ini populer untuk jalur sepeda gunung, pemandangan gunung batu merah dan kekayaan fosil.

Fosil itu diperkirakan berasal dari Era Jurasik dan diduga berusia sekitar 190 juta tahun, menurut ahli paleontologi dari Biro Pengelolaan Tanah. Ini adalah salah satu fosil dari 26 jejak kaki dinosaurus tiga jari yang mirip di kawasan itu.

Jaksa Federal mengatakan Ehlers mencuri fosil itu pada 17 Februari, namun kemudian membuang artefak itu ke dekat Sungai Colorado pada 8 Maret setelah ia diperiksa oleh pihak-pihak berwenang.

Pencarian di sungai oleh petugas dari Kantor Sherif Grand County dan Departemen Keselamatan Publik Utah gagal untuk menemukan kembali fosil itu.

Dengan mengaku bersalah, Ehlers terhindar dari persidangan, yang telah ditetapkan pada pekan ini, dan ancaman penjara hingga 45 tahun, serta denda senilai 250 ribu dolar, menurut dokumen pengadilan.

Jaksa telah mengatakan bahwa mereka akan merekomendasikan hakim untuk menerima negosiasi hukuman penjara itu ketika dia diadili pada bulan Oktober.

(SYS/G.N.C. Aryani)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014