Jakarta (Antara Kalbar) - Kementerian Pertanian terus berupaya mempromosikan produk-produk pertanian segar dan olahan nusantara kepada masyarakat, salah satunya dengan diresmikannya gedung Sentral Promosi dan Pemasaran Produk Pertanian Nusantara, di Pasar Minggu, Jakarta.

         "Fasilitas ini sedang dalam persiapan untuk dijadikan sentral promosi dan penasaran produk pertanian nusantara, di mana diharapkan nantinya bisa berperan sebagai salah satu ujung tombak bagi kegiatan promosi," kata Menteri Pertanian, Suswono, dalam sambutannya pada acara Promosi dan Pasar Produk Pangan Segar dan Olahan Nusantara, di Jakarta, Kamis.

         Suswono mengatakan, kegiatan promosi tersebut bukan hanya untuk pemasaran produk-produk pertanian segar dan olahan ke dalam negeri, melainkan juga diharapkan mampu untuk menjadi sarana promosi ke luar negeri atau dunia internasional.

         "Promosi tersebut akan dibangun baik secara virtual berbasis internet maupun secara konvensional dengan menyediakan etalase bagi produk-produk unggulan dari berbagai daerah," ujar menteri.

         Menurut Suswono, selama ini Kementerian Pertanian belum memiliki fasilitas khususn untuk promosi dan pemasaran, yang sekaligus mampu mengaktualisasi keterlibatan petani dan pelaku usaha agribisnis nusantara.

         "Oleh karena itu, gedung itu dipersiapkan untuk mendukung kegiatan promosi dan pemasaran produk pertanian, tidak hanya untuk skala dalam negeri namun juga untuk internasional," katanya.

         Suswono menambahkan, untuk internasional, gedung tersebut akan terhubung langsung dengan kedutaan besar Indonesia, Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI), Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) dan juga perwakillan Kadin Indonesia di luar negeri.

         "Fungsi dari Sentral Promosi dan Pemasaran Produk Pertanian Nusantara tersebut akan meliputi pusat informasi, fasilitas promosi, pasar atau penjualan produk langsung dari petani, pasar lelang, temu bisnis, bimbingan dan pendampinganbagi petani dan pelaku usaha," kata Suswono.

         Dalam kesempatan tersebut, Suswono juga melepas ekspor produk pertanian ke berbagai negara diantaranya Azerbaijan, Malaysia, Saudi Arabia, Belanda, Turki, Dubai, Hong Kong, Singapura, dan juga Thailand.
***2***

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014