Sungai Raya (Antara Kalbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat akan terjadi di kota itu pada hari pertama Lebaran tahun ini.

"Dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Supadio, diprakirakan pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini, khususnya wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya akan diguyur hujan, baik hujan sedang, ringan maupun hujan lebat," kata Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Nur Setiawan di Sungai Raya, Kamis.

Dia menuturkan, menjelang lebaran tahun ini wilayah Kalbar berintensitas hujan ringan, sedang dan lebat, karena angin saat ini bertiup dari arah timur ke barat laut dengan kecepatan 10 sampai 25 kilometer per jam.

"Memasuki perayaan Idul Fitri 1435 Hijriah, beberapa wilayah Kalimantan Barat dan sekitarnya akan diguyur hujan dengan intensitas hujan yang bervariasi, sehingga warga di harapkan untuk tetap waspada dengan curah hujan yang bervariatif tersebut," katanya.

Nur Setiawan mengatakan, untuk beberapa hari ke depan hingga lebaran telah diperkirakan hujan akan turun secara berkala dan bervariatif. Meski demikian, dia menyatakan untuk hari ini hingga besok, kemungkinan besar panas dengan suhu 33 derajat Celsius masih akan terjadi untuk wilayah Pontianak dan sekitarnya.

"Karena kita akan menghadapi hujan, diimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati. Selain itu kepada instansi terkait, untuk dapat memangkas pohon-pohon yang ada di pinggir jalan, sehingga ketika hujan turun, tidak membahayakan para pengguna jalan yang melintasi daerah itu, terutama mereka yang ingin berlebaran," katanya. 

(KR-RDO/S023)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014