Jakarta (Antara Kalbar) - Nutrilite, salah satu brand terkemuka milik perusahaan Amway, tahun ini merayakan ulang tahun ke-80 dengan menggelar sebuah perhelatan  lomba lari bertajuk "Nutrilite Run 2014".

Group Brand Manager Amway Indonesia Maya Vianti menyampaikan, acara ini merupakan ajang lomba lari pertama kali dihelat oleh Amway Indonesia mengusung tema ‘Raise Your Hand, Fight Global Childhood Malnutrition’, yaitu sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat sadar dan ikut peduli melawan malnutrisi (kurang gizi) pada anak.

“Dalam perayaan 80 tahun ini, Nutrilite menghadirkan sebuah acara olah raga lari yang sudah populer di dunia dan kini di Indonesia, sekaligus memberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari aksi sumbangsih Amway di seluruh dunia untuk membantu anak-anak penderita kurang gizi, sekaligus membangun kepedulian publik terhadap masalah malnutrisi pada anak.” Jelas Maya.

Lebih jauh dijelaskan Maya, bahwa Amway Global akan mendonasikan 1 dolar AS untuk satu cap tangan peserta yang berhasil menyelesaikan finish.

Cap tangan merupakan tanda partisipasi atas gerakan melawan malnutrisi pada anak, yang akan dikumpulkan dari berbagai negara dan dihitung untuk memecahkan World Guiness Book of Record.

Dana dari hasil pengumpulan cap tangan tersebut, jelas Maya, akan disumbangkan ke sebuah lembaga non pemerintah internasional untuk membantu kegiatan edukasi dan penanggulangan malnutrisi pada anak.

Amway Indonesia membuka masa pendaftaran peserta Nutrilite Run 2014 sejak Kamis 17 Juli hingga 1 September 2014.

Lomba lari ini akan dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori race/competition 5K (Closed) dan 8.0 Mil (Open) serta kategori Fun Run 5K.

Biaya pendaftaran untuk kategori race adalah Rp170.000 untuk kategori 5K, Rp. 220.000,- untuk 8.0 Mil.

Sementara itu untuk kategori Fun Run biaya pendaftarannya adalah Rp60.000, dengan total hadiah sebesar Rp80 juta lebih disediakan oleh Amway untuk para pemenang Nutrilite Run 2014.

Reza Puspo, salah satu penggagas dan pendiri komunitas lari IndoRunner mengatakan bahwa pihaknya mendukung program "charity run" (lari untuk beramal)  yang dilakukan oleh Nutrilite untuk membantu mengatasi malnutrisi pada anak.

“Mari kita ikuti Nutrilite Run, kita berlari dengan satu alasan baik, berpartisipasi dalam gerakan mengurangi malnutrisi pada anak,” ajak  Reza.

Indo Runners, ungkap Reza, adalah komunitas penggemar olahraga lari independen terbesar di Indonesia dengan jumlah total member di media sosial sudah mencapai 40.000 anggota terbuka bagi para amatir atau profesional, pemula dan berpengalaman, tua maupun muda, yang didirikan pada  tahun 2009. Komunitas ini aktif menyebarkan 'virus lari' dan bertujuan mempopulerkan lari sebagai olahraga yang menyenangkan.

Sejarah Nutrilite

Sejarah Nutrilite sebagai brand sitamin dan Suplemen dimulai sejak 80 tahun yang lalu, ketika Dr. Carl F Rehnborg menemukan hubungan antara asupan makanan dan kesehatan saat mengamati pola makan orang orang di pedesaan dan di perkotaan.

Dengan penelitian yang intensif, Carl menemukan manfaat fitonutrisi (phytonutrient), yakni berbagai senyawa yang ada dalam tumbuhan yang berperan menetralisir radikal bebas, memperkuat sistem imun tubuh dan menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Saat ini, ilmuwan Nutrilite mengambil hasil observasi dari Carl Rehnborg lebih maju lagi dengan cara kembali ke sumber daya alam, menciptakan suplemen 100 konsentrat tumbuhan alami yang kaya fitonutrisi.

Menurut Dr. Hario Tilarso, SpKO, FACSM, salah satu dokter olahraga terkemuka di Indonesia,  suplementasi dan vitamin diperlukan untuk keseimbangan nutrisi dan gaya hidup. Perubahan gaya hidup di era globalisasi mempengaruhi pola makan masyarakat. Bertambahnya kesibukan yang tidak dibarengi peningkatan kualitas pola makan mengakibatkan banyak orang kekurangan zat gizi tertentu, seperti vitamin, serat, mineral.

“Suplemen dibutuhkan ketika aktifitas meningkat. Penggunaan suplemen akan lebih efektif lagi bila dibarengi dengan olahraga rutin. Dengan olahraga, zat-zat yang kita butuhkan dari suplemen akan dapat diserap secara lebih baik oleh tubuh. Penggunaan suplemen ataupun vitamin perlu memperhatikan jumlah kebutuhan,”lanjutnya.

Di kalangan tertentu, olahraga lari sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Sehingga meski trend olah raga sudah bergeser, olahraga lari tetap menjadi olahraga yang diminati oleh masyarakat.

Nutrilite Run didukung oleh New Balance, Lock & Lock, The Breeze, Sinarmas Land, Kidszania, Timex, Oakley, Planet Sports. Beserta media partner: Femina, Men’s Health Indonesia, Women’s Health Indonesia, Reader’s Digest, Cita Cinta, Trans TV dan Female Radio.

Pewarta: Syafarudin Ariansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014