Ngabang (Antara Kalbar) - Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1435 Hijriyah di Kabupaten Landak, Senin (28/7) berlangsung tertib dan lancar.

Sejumlah masjid ramai dikunjungi umat muslim guna melaksanakan shalat Ied berjamaah. Sementara itu, warga Muhammadiyah didaerah itu menggelar shalat Idul Fitri di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak.

Berindak sebagai imam dan khotib Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Landak Haji Romdhani dengan diikuti puluhan jemaah.

Romdhani mengatakan, pelaksanaan shalat Ied di lapangan terbuka salah satu sunah rasul yangdiharapkan menjadi syiar umat muslim di kabupaten Landak.

"Momentum idul fitri tahun ini agar dijadikan ajang tali silaruhrami dan bersatunya umat beragama untuk membangun bangsa Indonesia," ungkap Romdhani.

Apalagi, lanjut Romdhani, rakyat usai melaksanakan pemilu baik legislatif maupun presiden agar tidak ada tidak terpecah belah dan terus menjalin kesatuan.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Landak Jainan Darsah mengatakan, momentum idul fitri sebagai hari kemenangan umat muslim yang sudahsatu bulan penuh menjalankan puasa.

"PHBI Landak telah menggelar pawai Malam Takbir yang diikuti antusias umat muslim di Ngabang dan sekitarnya,"ujar Jainan.

Pawai takbiran dilepas langsung oleh Sekda Landak Ludis dan pihak pemerintah kabupaten Landak menyambut baik.

Sementara, pada malam takbiran juga sebagian masyarakat Ngabang menggelar tradisi kelompok takbir keliling dari rumah ke rumah hingga tengah malam.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014