Toledo, Ohio, (Antara Kalbar/Reuters) - Kandungan racun yang cukup tinggi di dalam air bersih di Toledo, Ohio, pada Ahad membuat sekitar 400.000 warga setempat sudah dua hari ini tidak memiliki air bersih yang aman untuk diminum.

        Kandungan racun yang cukup tinggi itu telah ditemukan berasal dari ganggang pada Danau Erie --yang mencemari air bersih tersebut.

        Walikota Toledo D. Michael Collins mengatakan beberapa contoh air menunjukkan kadar racun, tetapi hasil pemeriksaan lebih lanjut baru akan diketahui kemudian.

        Warga kota itu menanti hasil pemeriksaan contoh air yang sedang dikaji oleh laboratorium badan Perlindungan Lingkungan Hidup di Cincinnati.

         "Saya dapat sampaikan bahwa semua cenderung mengarah baik," kata Collins kepada wartawan tetapi menambahkan bahwa ia tidak dapat memperkirakan kapan air bersih aman untuk diminum langsung.

        Sekitar 500 ribu orang mendapat pasokan air yang tercemar tetapi hanya 100.000 yang mendapat fasilitas sistem pendukung air bersih, kata juru bicara kota Toledo, Lisa Ward.

        Direktur Perlengkapan Umum Toledo Edward Moore mengatakan sudah ada rencana untuk memindahkan sistem penggelontoran air yang tercemar ketika pasokan air sudah aman.

        Penduduk akan dianjurkan untuk mengalirkan dan membuang air selama beberapa waktu guna membersihkan sisa-sisa air tercemar dari pipa-pipa.

        Petugas kesehatan mengirimkan contoh sejumlah air ke laboratorium setelah mendapati Danau Erie, yang menjadi sumber utama air bersih yang cukup besar, terpengaruh oleh membludaknya sejenis ganggang, kata juru bicara Badan Perlindungan Lingkungan, Heidi Griesmer.

        Gubernur Ohio John Kasich menyatakan keadaan darurat pada Sabtu  untuk kota keempat terbesar di wilayahnya serta kota-kota lain di sekitarnya.

        Pemerintah kota dan badan-badan lain mengumumkan pada laman mereka tentang pembagian air kemasan dalam botol secara gratis bagi masyarakat.

        Sebagian besar penduduk berkendara ke negara bagian lain untuk mencari air bersih mengingat toko-toko di wilayah mereka dengan cepat kehabisan persediaan air kemasan.

        Jeff Hauter, warga Tolode mengatakan ia berkendara ke pinggiran Detroit untuk membeli 18 galon dan empat karton air minum.

        Ganggang bermekaran di Danau Erie adalah gejala yang biasa, khususnya pada musim panas, kata juru bicara operasi darurat Chris Abbruzzese.

        Potensi bahaya membludaknya ganggang disebabkan oleh jumlah besar nitrogen dan fosfor.

        Nutrisi itu bisa datang dari pembuangan air mengandung sisa pupuk, limbah pemotongan rumput atau sistem septitank yang gagal atau juga bisa dari kandang ternak.

        Meminum air yang tercemar itu bisa mengganggu fungsi hati, diare, dan pusing, sedangkan merebus air  juga tidak akan menghancurkan racunnya.

        Air tersebut tidak dapat diminum, menyeduh susu bayi, membuat es bahkan menggosok gigi dan mencuci makanan, demikian penjelasan dari kantor gubernur.

        Tidak dianjurkan untuk diberikan pada hewan, tetapi bisa untuk mencuci tangan dan mandi bagi orang dewasa.

        Menanggapi krisis air bersih di Toledo, kota Chicago juga melakukan penelitian kewaspadaan terhadap  air Danau Michigan, kata juru bicara kota tersebut.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014