Pontianak (Antara Kalbar) - Kota Pontianak kembali memboyong penghargaan dalam gelaran peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 69 bertempat di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Minggu (17/8), sebagai kota bersih dan teduh.

Penghargana sebagai kota bersih dan teduh diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Cornelis kepada Wali Kota Pontianak Sutarmidji.

Cornelis berharap dengan adanya perhargaan seperti ini dapat memotivasi seluruh pihak dan pemerintah kota/kabupaten di Kalimantan Barat. “Hasil yang sudah kita dapat ini harus bermanfaat untuk kita, untuk masyarakat, bangsa dan Negara,” ujarnya.  

Sutarmidji menerangkan, penghargaan yang diberikan oleh gubernur adalah penghargaan untuk tingkat propinsi. “Penghargaan serupa sebenarnya juga sudah diraih Kota Pontianak yaitu Piagam Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup,” katanya.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi menciptakan suasana yang teduh dan bersih. “Saya harap ke depannya bisa memperoleh Piala Adipura,” ujarnya.

Selama ini Pemerintah Kota Pontianak sudah serius dalam menegakkan aturan-aturan terkait masalah kebersihan dan lingkungan. Tampak dengan masih terus dilakukannya penertiban-penertiban terkait penebangan pohon sembarangan, dan aturan pembuangan sampah. “Kita bisa liat selama ini masyarakat yang melanggar kita tindak tegas,” ujarnya.

Beberapa penghargaan lain juga diserahkan ke Pemerintah Kota Pontianak untuk kategori penyuluh pertanian PNS Teladan se Kota Pontianak yang diberikan kepada Sudarmanta dari Kecamatan Pontianak Selatan. Penghargaan Sekolah Peduli dan Budidaya Lingkungan (Adiwiyata) ke SD Negeri 27 Pontianak Timur, dan petani berprestasi yang diterima oleh Ridwan. Sekaligus diserahkan hadiah pemenang Lomba Kelurahan tingkat propinsi tahun 2014 ke Kelurahan Parit Tokaya.  

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014