Ngabang (Antara Kalbar) - Lomba balap sepeda di skala internasional kembali akan digelar di Kalimantan Barat, dan Landak menjadi salah satu kabupaten yang dijadikan lokasi event itu.

Balap sepeda berskala internasional merupakan rangkaian dari Tour De Khatulistiwa 2014 yang bakal dihelat pada 29 Oktober.

"Tour De Khatulistiwa ini rencananya akan diikuti 17 negara. Estape pertama start dari Kota Pontianak dan finish kota Ngabang. Estape kedua start dari depan Keraton Ismahayana Landak kemudian finish di Kabupaten Bengkayang," kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Landak Gusti Agus Kurniawan di Ngabang, Minggu

Menurut Agus, Tour De Khatulistiwa 2014 merupakan kegiatan balap sepeda dan tour sepeda melewati garis Khatulistiwa dari Kota Pontianak menuju Kota Ngabang Kabupaten Landak dan Kabupaten Bengkayang.

"Jadi event ini salah satu promosi pariwisata yang ada di Kalbar dan khususnya di Kabupaten Landak. Kami sangat bersyukur karena Landak menjadi salah satu lokasi balap sepeda skala internasional," ujar Agus.

Ia mengatakan, tujuan dari diadakannya event ini selain memajukan olahraga balap sepeda, juga memacu pembangunan infrastruktur daerah yang akan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi.

"Efek dominonya diharapkan tumbuhnya perhotelan, transportasi, kuliner atau makanan khas, kerajinan tangan dan tujuan wisata. Yang akan memberikan nilai positif bagi daerah dan juga masyarakat yang dilintasi oleh peserta lomba," ungkap Agus.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014