Sekadau (Antara Kalbar) - Tingkat kepatuhan pajak di Kabupaten Sekadau semakin tahun semakin membaik, kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Sekadau, Zakaria Umar diruang kerjanya, Senin (13/10).

“Berdasarkan pengamatan kami, kepatuhan pajak semakin tahun semakin meningkat. Misalnya saja, hingga bulan oktober 2014 ini, sejumlah sektor pajak telah mengalami progres yang menggembirakan. Seperti pajak perhotelan, restoran, hingga PBB P2 yang telah diambil alih pengelolaannya oleh pemerintah daerah," ungkapnya.

Zakaria melanjutkan, untuk sektor pajak hotel, hingga bulan Agustus 2014 lalu progresnya sudah mencapai 60 persen. Pesatnya tingkat kepatuhan pajak ini jelas menunjukkan berbagai upaya yang dilakukan dalam meningkatkan partisipasi wajib pajak (WP) cukup berhasil.

"Kami mengapresiasi kepatuhan WP dalam menunaikan kewajiban pajak. Kami berharap hal ini terus meningkat dari tahun ke tahun," katan Zakaria.

Sumber pendapatan daerah Sekadau yang rutin memberikan sumbangan dalam jumlah relatif besar diantaranya dari sektor ajak penerangan jalan umum. Pada tahun 2013 lalu, sektor ini menyumbang Rp1,6 miliar untuk PAD. "Sektor PPJU secara rutin setiap tahunnya memberikan sumbangsih cukup dominan untuk PAD. Tahun ini kami targetkan 1,8 miliar dari sektor ini,” pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014